SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Malang (UM) di SMP se-Kecamatan Klojen Malang

Andung . Sukoco

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Sukoco,  Andung. 2013. Studi tentang Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Malang (UM) di SMP se-Kecamatan Klojen Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M. S, (II) Dra. Sri Purnami, M. Pd.

 

Kata kunci: persepsi, pedagogik, kepribadian, sosial, profesional.

 

Guru PPL merupakan guru yang baru melaksanakan praktek dalam menjadi guru pengajar di sekolah. Setiap tahun Fakultas Ilmu Keolahragaan mengirimkan mahasiswa jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan (PJK) untuk mengikuti PPL ke sekolah-sekolah. Berdasarkan pengalaman peneliti pada waktu PPL, siswa cenderung tidak memperhatikan guru PPL pendidikan jasmani ketika diajar. Siswa sering tidak mau mengikuti intruksi dari guru PPL ketika diajar. Tetapi pada saat guru pendidikan jasmani mengawasi proses belajar mengajar siswa menjadi patuh dan mengikuti intruksi dari guru PPL. Melihat kenyataan yang ada timbul pertanyaan besar bagi peneliti mengapa siswa SMP cenderung meremehkan guru PPL pendidikan jasmani. Maka permasalahannya adalah apa sebenarnya persepsi siswa terhadap kompetensi guru PPL Pendidikan Jasmani, dilihat dari 4 kompetensi dasar mengajar guru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi Guru PPL Pendidikan Jasmani UM di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2012 di sekolah yang di tempati PPL Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan semester genap tahun 2011-2012 yaitu SMP 5, SMP 9, SMP 19 Klojen Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP se-Kecamatan Klojen Malang dengan jumlah 100 responden.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru PPL Pendidikan Jasmani untuk aspek pedagogik adalah 77%, kepribadian 81%, sosial 69%, profesional 60%. Kompetensi guru PPL Penjaskes di SMPN 5 Malang untuk aspek pedagogik adalah 69%, kepribadian 74%, sosial 66%, profesional 57%. SMPN 9 Malang untuk aspek pedagogik adalah 83%, kepribadian 84%, sosial 74%, profesional 67%. SMPN 19 Malang untuk aspek pedagogik adalah 78%, kepribadian 83%, sosial 66%, profesional 57%.  SMPN 5, SMPN 9, SMPN 19 untuk aspek pedagogik adalah 70%, 83%, 78%, kepribadian 74%, 84%, 83%, sosial 57%, 64%, 57%, profesional 49%, 57%, 49%.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kompetensi yang dimiliki guru PPL Penjaskes UM cukup baik, hanya saja perlu sedikit tambahan seperti guru PPL penjaskes agar mempersiapkan diri sebelum melaksanakan proses belajar mengajar dan lebih memahami tentang kompetensi mengajar.