SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LATIHAN BEBAN BAGIAN DADA MELALUI VCD UNTUK MEMBER SANGGAR KEBUGARAN ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ANDRI IRAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Andri. 2013. Pengembangan Latihan Beban Bagian Dada Melalui VCD Untuk Member Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd.,M.Pd, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, panduan, latihan beban bagian dada, Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan UM.

Latihan beban adalah jenis umum latihan kekuatan untuk mengembangkan kekuatan dan ukuran otot rangka, selain itu biasa membuat tubuh menjadi sehat dan  ideal. Latihan beban yang baik dan benar juga ada kiat-kiat yang mendukung selain intruksi dari instruktur alangkah baiknya juga ada media yang dicontohkan kepada member seperti pemodelan via video instruksional dalam bentuk Video Compact Disc (VCD). Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti ingin menemukan alternative pemecahan masalah dengan mengembangkan media pelatihan yang berisi latiahan beban bagian dada melaluia vedio compact disc untuk SKIK UM.

Tujuan peneliti dapat membantu instruktur dlm menyampaikan materi latihan beban bagian dada dengan membuat produk latihan beban bagian dada supaya member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dapat menerima dengan mudah informasi dan menguasai gerakan latihan beban bagian dada.

Peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada member dan instruktur di SKIK UM; (2) Pembuatan rancangan produk awal panduan latihan beban bagian dada melalui video dengan meminta evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 ahli media, 1 ahli kebugaran dan 1 ahli latihan beban lalu melakukan revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari evaluasi para ahli); (3) uji coba kelompok kecil; (4) revisi produk kedua; (5) uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua; (6) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan); (7) hasil akhir produk pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 86,60% dan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 80.61% . Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk member di SKIK UM. Hasil dari para ahli adalah masukan dan saran-saran untuk produk VCD.Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.