SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Finishing pada Permainan Sepakbola di Persatuan Sepakbola (PS) Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang

khoirul dwi mahardianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwi, Khoirul M. 2013. Pengembangan Model Latihan Finishing pada Permainan Sepakbola di Persatuan Sepakbola (PS) Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu`arifin, M.Pd (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata kunci: pengembangan, model latihan, finishing dalam permainan sepakbola.

Kemampuan finishing ke gawang lawan diperlukan dalam permainan sepakbola, karena merupakan komponen penting bagi seorang pemain agar bisa mencetak gol. Salah satu tujuan permainan sepakbola yaitu memenangkan pertandingan dengan cara memasukkan bola ke gawang tim lawan. Pelatih harus secara sadar menyisihkan cukup banyak waktu setiap hari untuk secara khusus menangani pemain dalam mencetak gol serta diharapkan mempunyai wawasan dan pengalaman yang banyak tentang suatu model latihan khususnya tentang latihan finishing, sehingga latihan yang akan diterapkan dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang, pemain merasa kesulitan dalam mencetak gol atau penyelesaian akhir (finishing) dikarenakan model latihan finishing yang dilakukan kurang variasi dan kurang sistematis. Untuk itu peneliti akan mengembangkan model latihan finishing pada permainan sepakbola dalam bentuk video latihan berupa VCD. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan terhadap 20 pemain di Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang, diperoleh data bahwa pelatih belum pernah memberikan tayangan video sepakbola tentang latihan finishing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan finishing pada permainan sepakbola di Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang dalam bentuk video latihan berupa VCD yang dapat  digunakan untuk membantu mengasah kemampuan pemain dalam mencetak gol atau finishing pada pelaksanaan latihan.

Prosedur pengembangan model latihan finishing pada permainan sepakbola melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi awal termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model latihan menembak dalam sepakbola), (3) evaluasi dari para ahli dengan menggunakan 2 ahli kepelatihan di bidang sepakbola dan 1 ahli media, (4) uji coba kelompok kecil, (5) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil), (6) uji coba lapangan (kelompok besar), dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal, (7) revisi produk akhir dari uji lapangan dan menyempurnakan menjadi hasil produk akhir.

Penelitian dilakukan di lapangan sepakbola Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli, terdiri dari 3 orang ahli yaitu 2 ahli kepelatihan sepakbola dan 1 ahli media (2) uji coba (kelompok kecil) adalah menggunakan 10 orang pemain, dan (3) uji lapangan (kelompok besar) yang terdiri dari 25 orang pemain sepakbola Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang.

 Hasil dari evaluasi ahli kepelatihan sepakbola I dengan hasil persentase 89,71%, evaluasi ahli kepelatihan sepakbola II dengan hasil persentase 85,29%  dan evaluasi ahli media dengan hasil persentase 83,33%. Dari ketiga evaluasi ahli menyatakan produk layak dan baik (digunakan), uji coba (kelompok kecil) 85,15% menyatakan baik (digunakan), uji lapangan (kelompok besar) 84,17% menyatakan baik (digunakan).

Produk pengembangan model latihan finishing pada permainan sepakbola dalam bentuk VCD di Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pendukung dan menjadi pegangan pelatih dalam pelaksanaan latihan khususnya untuk latihan finishing. Produk yang dihasilkan merupakan produk yang ditujukan untuk pemain sepakbola di Persatuan Sepakbola Taruna Putra Klakah Kabupaten Lumajang, akan tetapi tidak menutup kemungkinan produk ini bisa digunakan oleh tim atau klub-klub sepakbola lain. Dalam penyebarluasan produk pengembangan ini ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju dan disesuaikan dengan pelaksanaan latihan yang ada. Pengembangan model latihan finishing pada permainan sepakbola dalam bentuk VCD ini dapat digunakan pada kancah yang lebih besar perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut.