SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI PARALON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO

Rino Hadi Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Rino Hadi. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Lempar Lembing Menggunakan Alat Modifikasi Paralon pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Banyuputih Kabupaten Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Atletik, Buku Ajar, Lembing Paralon.

Berdasarkan observasi, wawancara, dan penyebaran anget kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) dan siswa yang dilaksanakan peneliti di SMP Negeri 3 Banyuputih Kabupaten Situbondo, pembelajaran lempar lembing yang dilaksanakan tidak berjalan secara optimal. Sedangkan harapan siswa dalam menerima pembelajaran lempar lembing adalah proses pembelajaran yang baik. Upaya  untuk mengatasi ketidakoptimalan pembelajaran tersebut, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan buku ajar pembelajaran lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memberikan solusi untuk pembelajaran lempar lembing yang berjalan tidak optimal dengan mengembangkan buku ajar pembelajaran lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon. Buku ajar dikembangkan untuk memberikan solusi pembelajaran lempar lembing yang membosankan dan lembing paralon dikembangkan untuk memberikan solusi kenyamanan dan keamanan siswa dalam pembelajaran lempar lembing.

Dalam pengembangan buku ajar pembelajaran lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon untuk pembelajaran lempar lembing pada siswa kelas VIII di SMP 3 Banyuputih Kabupaten Situbondo ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall yang dimodifikasi (1989), yaitu hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang telah dimodifikasi. Penelitian pengembangan buku ajar pembelajaran lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon pada uji coba (kelompok kecil) mendapatkan hasil 98,12%. Selanjutnya pada uji lapangan (kelompok besar) mendapatkan hasil 96,6%. Dari kedua hasil penelitian tersebut maka produk buku ajar lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon dapat dinyatakan layak untuk digunakan.

Setelah dilakukan penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banyuputih tentang pengembangan pembelajaran buku ajar lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon, siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran lempar lembing. Pembelajaran buku ajar lempar lembing menggunakan lembing modifikasi paralon dapat mudah di pelajari oleh siswa. Siswa merasa nyaman dan aman ketika menggunakan lembing modifikasi paralon. Sehingga pembelajaran lempar lembing berjalan secara optimal seperti yang diharapkan.

Hasil akhir dari penelitian dan pengbangan ini adalah terciptanya buku ajar lempar lembing menggunakan alat modifikasi paralon dan terciptanya pembelajaran lempar lembing dengan optimal.