SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI PROGRAM KERJA PRSI PENGURUS KOTA MALANG TAHUN 2012

BRANITA DESTRILA GATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Gati, Branita D. 2013. Evaluasi Program Kerja PRSI Pengkot Malang Tahun 2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: evaluasi, program kerja, PRSI Pengkot Malang

Program kerja merupakan jabaran dari suatu kebijakan organisasi (PRSI) dalam mencapai visi dan menjalankan misinya, yang terangkai dari beberapa kegiatan, baik yang diselenggarakan secara bertahap maupun langsung, singkat atau lama, yang bermuara pada tujuan program yang telah ditetapkan organisasi (PRSI) tersebut. Informasi tercapai atau tidaknya informasi ini bisa dilakukan melalui evaluasi dan pengamatan. Hasil pengamatan itu yang kemudian dianalisis dan dihasilkannya rekomendasi-rekomendasi terkait hasil ketercapaian atau kemajuan program. Evaluasi diharapkan akan menjadi umpan balik untuk program yang telah dijalankan dan memberikan informasi yang diperlukan untuk perbaikan dan menjalankan program di masa yang akan datang.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP (Context evaluation, Input evaluation, Process evaluation, Product evaluation). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja PRSI Pengkot Malang tahun 2012, subyek penelitian ini adalah 15 atlet, 11 pelatih, 2 wasit dan 7 pengurus PRSI Pengkot Malang Tahun 2012 terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, bidang humas dan bidang komisi teknik. Pengumpulan data ini menggunakan kombinasi angket terbuka dan tertutup, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ditemukan bahwa variabel konteks yang terdiri dari tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam program kerja yang direncanakan oleh PRSI Pengkot Malang pada tahun 2012 cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat dari adanya program kerja dan RAB walaupun belum terdapat visi misi yang jelas, karena masih mulai penataan organisasi setelah vakum. Variabel input yang terdiri dari pengurus, atlet, pelatih dan wasit/juri dalam program kerja yang direncanakan oleh PRSI Pengkot Malang pada tahun 2012 cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat dari lisensi pelatih dan lisensi wasit/juri, penyusunan pengurus dan keaktifan atlet. Variabel proses yang terdiri dari pelaksanaan kegiatan dalam program kerja yang dijalankan oleh PRSI Pengkot Malang pada tahun 2012 belum efektif, dikarenakan hanya program rapat evaluasi dan keikutsertaan kejuaraan yang terlaksana dari program kerja yang sudah disusun. Variabel produk yang terdiri dari prestasi atlet, penlatih, pengurus dan wasit/juri dalam program kerja yang dijalankan oleh PRSI Pengkot Malang pada tahun 2012 belum efektif, hal tersebut dapat dilihat dari prestasi atlet saja yang ada peningkatan prestasi, sedangkan untuk pengurus belum maksimal menjalankan program, pelatih tidak mengalami peningkatan lisensi dan wasit/juri yang aktif di kejuaraan renang masih sangat kurang sekali.

Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan rekomendasi untuk program kerja PRSI Pengkot Malang yaitu sebagai berikut, rekomendasi untuk variabel konteks adalah PRSI Pengkot Malang diharapkan untuk mempunyai visi dan misi sehingga lebih jelas tujuan program kerja yang akan disusun. Untuk program kerja diharapkan disusun sesuai dengan kapasitas dan kemampuan PRSI untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Rekomendasi untuk variabel input adalah PRSI Pengkot Malang diharapkan mengadakan perlombaan renang berjenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA untuk menjaring atlet renang dan menetapkan Standar Operasi Pelaksanaan (SOP) untuk seleksi atlet yang akan mewakili Kota Malang di kejuaraan renang. Selain itu pelatih diharapkan lebih aktif untuk meregenerasi bibi-bibit pelatih dan dapat bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang untuk perekrutan pelatih renang. Rekomendasi untuk variabel proses adalah (1) untuk PRSI Pengkot Malang dapat mengaktifkan dan mengefektifkan kepengurusan yaitu dengan cara menempatkan orang-orang yang sesuai dengan kemampuannya dalam kepengurusan, (2) menjalin kerja sama dengan pihak sponsor, yang diharapkan sponsor dapat membantu kebutuhan atlet dan pelaksanaan program kerja tersebut, (3) diharapkan PRSI Pengkot Malang kedepannya mempunyai kolam renang sendiri, (4) PRSI Pengkot Malang diharapkan lebih meningkatkan penghargaan terhadap atlet dan pelatih, (5) Dispora dan Depdikbud disarankan untuk ikut memperhatikan pembinaan prestasi olahraga khususnya olahraga renang, (6) KONI Kota Malang sebaiknya mengadakan pengawasan dan pengevaluasian secara berkala kepada setiap organisasi yang bernaung di bawah KONI Kota Malang dan memperhatikan wasit/juri renang Kota Malang. Rekomendasi untuk variabel produk yaitu (1) untuk atlet lebih giat berlatih untuk meningkatkan prestasi, (2) untuk pelatih meningkatkan ilmu kepelatihan dan kompetensi sebagai pelatih, (3) untuk pengurus PRSI Pengkot Malang lebih kompak dalam menjalankan program kerja maupun latihan, (4) untuk wasit/juri diharapkan untuk meningkatkan lisensi dan lebih aktif dalam perwasitan tingkat daerah, regional maupun nasional.