SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang Tahun 2012

Yudha . Abrianto

Abstrak




ABSTRAK

 

Abrianto, Yudha. 2013. EvaluasipelaksanaanProgram KerjaPersatuanTinjuAmatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang tahun 2012. Skrips,JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. EkoHariyanto,M.Pd, (II) Drs. LokanantaTeguhHariWiguno, M.Kes.

 

Kata Kunci: evaluasi, program kerja, PERTINA.

 

Evaluasiadalahkegiatanuntukmengumpulkaninformasitentangbekerjanyasesuatu, yang selanjutnyainformasitersebutdigunakanuntukmenentukanalternatif yang tepatdalammengambilkeputusan.

Penelitianevaluasipelaksanaan program kerjaPersatuanTinjuAmatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang, PERTINA merupakanindukorganisasiolahraga yang bertugasuntukmembinaatlet-atlettinjuamatir.PERTINAtermasukindukorganisasi yang beradadibawahnaungan KONI. Sebelumnyabelumpernahadaevaluasi program kerjasetiapcabor yang diadakan KONI Kota Malang Khususnya PERTINA yang merupakancabangunggulan di Kota Malang.

Penelitihaninibertujuanuntukmengevaluasipelaksanaan program kerja PERTINA Kota Malang denganmetode CIPP (Context, Input, Process, Product) danakanmenghasilkankeputusanuntukmelanjutkan program, merevisi, menyebarluaskanataumenghentikan program kerjaPERTINA Kota Malangsertamenghasilkanrekomendasidaripeneliti.

Penelitianevaluasipelaksanaan program kerjaPERTINA Kota Malang inimenggunakanpengumpulan data melaluiwawancaradanobservasisertateknikanalisisstatistikdeskriptifdenganpersentasedandianalisidenganmetode CIPP yang hasilnyasebagaiberikut: context60% yang berarticukupbaik, input86,7% yang berartibaiksekali, process 84,2% yang berartibaiksekali,product 78,6% yang berartibaik. Dari keseluruhan CIPP (context, input, process dan, product) adalah82,8% yang berartibaiksekali.

Berdasarkanhasilpenelitian yang dijabarkandiataspenelitimerekonmendasikan Program kerja PERTINA Kota Malang dapatdilanjutkandenganbeberapaaspek yang harusdibenahisehinggapadatahun-tahunberikutnyapelaksanaan program kerjadapatberikutnyadapatberjalanlebihbaiklagi. Di setiapvariabelterdapataspek-aspek yang harusdibenahidiantarannyapadavariabelContextadalah (1) perluadanyaimplementasidansosialisasidalampelaksanaan program kerjasebagaimanamestinya; variable Input (1)perluadanyakriteria-kriteriakhususdalamperekrutanatlet, pelatihdanpengurussehinggasumberdayamanusia yang berada di PERTINA Kota Malang mampumencapaihasil yang memuaskan (2)diharapkan PERTINA Kota Malang dalamperekrutanpelatih, merekrutpelatih yang memilikilisensikepelatihansehingga proses latihanberjalansebagaimanamestinya, Processadalah (1) atletharusmelaksanakanlatihansesuai program latihan yang disusunolehpelatih (2) pelatihharusmembuat program latihansesuaidengankeadaanatlet, (3)pengurus PERTINA Kota Malan harusmengevaluasisetiap program yang sudahdilaksanakansehinggadapatdiketahui program tersebutterlaksanadenganbaikatautidak;variabelProductadalah (1) diharapkansetiapatletdapatikutsertadalamsetiap even-even yang samasehinggapengalamanbertandingsetiapatletmenjadilebihbanyakih member  danmerata. (2)lebihmemberikesempatanbertandingkepadaatlet-atlet yang masihmudasehinggaatlet-atlettersebutmemiliki jam terbang yang banyak.