SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan "Move and Run" untuk Pemanasan dan Inti Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek 100 Meter Kelas VIII SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang

Deddy Chandra Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawan, Chandra, Deddy. 2012. Pengembangan Permainan “Move and Run” untuk Pemanasan dan Inti Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek  100 Meter Kelas VIII SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Lokananta Teguh H. W., M.Kes, (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran dan Permainan “Move and Run”

Pembelajaran materi atletik pada siswa kelas VIII SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan karena minat dan keaktifan siswa yang kurang dalam mempraktikkan materi atletik khususnya lari jarak pendek 100 meter. Pada penelitian awal peneliti melakukan wawancara dengan guru Pendidikan Jasmani SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) yaitu, Drs. Suyana. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelas VIII B dan 15 siswi kelas VIII D yang telah diberikan pada hari Kamis, 11 Oktober 2012. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil, 96,6% siswa menyatakan pernah menerima materi atletik nomor lari jarak pendek 100 meter, 76,6% menyatakan tidak pernah menerima model permainan untuk  pemanasan dan inti pembelajaran atletik lari jarak pendek 100 meter, dan 90% siswa menyatakan akan lebih bersemangat apabila diberikan pengembangan permainan untuk pemanasan dan inti pembelajaran atletik lari jarak pendek  100 meter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan “Move and Run” untuk pemanasan dan inti pembelajaran atletik lari jarak pendek 100 meter, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam mempraktikkan berbagai variasi dan kombinasi materi atletik khususnya lari jarak pendek 100 meter. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Terdapat 10 spesifikasi permainan “Move and Run”, 5 permainan untuk pemanasan, yaitu permainan mobil dan motor, ekor bergoyang, bola estafet, membebaskan tahanan, dan permainan pindah bola. 5 permainan untuk inti pembelajaran, yaitu permainan puzzle estafet, lari lompat tempel kertas, poin straw, lari bola dan permainan lari ganda, yang dikemas dalam bentuk buku panduan.

Berdasarkan uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 12 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 87,5%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 36 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 91,43%. Sehingga, model permainan “Move and Run” ini, memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada pemanasan dan inti pembelajaran atletik lari jarak pendek 100 meter kelas VIII SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang.