SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Kerja Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang Tahun 2012 Dengan Model Evaluasi CIPP

AMINURROHMAN RINUJI KUSUMA WARDHANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Aminurrohman R. K. 2013. Evaluasi Program Kerja Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang Tahun 2012 Dengan Model Evaluasi CIPP.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri  Malang. Pembimbing I: Dr. EkoHariyanto, M. Pd.  Pembimbing II: Drs. HeruWidijoto, M. S.

Kata Kunci: program kerja, PASI Kota Malang, evaluasi, CIPP

   Pengertian program adalah suatu unit atau kesatuan kegiatan yang merupakan realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses berkesinambungan dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang.

Program kerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan mengendalikan dan mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut agar semua kegiatan bisa berjalan dengan baik.

            PASI Kota Malang merupakan salah satu induk cabang olahraga yang berada di bawah naungan KONI Kota Malang yang melakukan pembinaan prestasi pada cabang olahraga atletik. Kantor PASI Kota Malang berada di Stadion Gajayana Pintu Timur Jl. Tangkuban Perahu No. 2 Malang. Kegiatan dari PASI yang utama adalah melatih atlet-atlet untuk berprestasi. Pelatihannya dilakukan sejak usia dini. Sehingga nantinya pada saat usia remaja sudah memiliki konsep latihan yang baikdan yang dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan program latihan dari pelatih.

            Sampai saat ini belum pernah diadakan evaluasi oleh KONI Kota Malang terkait program kerja dari masing-masing cabang olahraga yang berada di bawah naungan KONI Kota Malang khususnya PASI Kota Malang yang merupakan organisasi anggota yang berada dalam naungan KONI Kota Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi serangkaian kegiatan program kerja PASI Kota Malang selama tahun 2012. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian CIPP (Context, Input, Process, Product) serta menghasilkan rekomendasi bagi para pengambil keputusan untuk menidaklanjuti program kerja PASI Kota Malang tahun 2012 yang telah berjalan tersebut.

Penelitian evaluasi program kerja PASI Kota Malang tahun 2012 ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument wawancarat erstruktur, dokumentasi, dan kuisioner.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variable context yang dimiliki PASI Kota Malang diperoleh persentase sebesar 100% dan dikategorikan baik sekali. Diantaranya mempunyai pengurus, atlet, dan pelatih, kegiatan operasional sarana dan prasarana, dan pendanaan.

Variabel input yang dimiliki PASI Kota Malang diperoleh persentase sebesar 77,5% dan dikategorikan baik. Mempunyai atlet, pelatih dan pengurus yang untuk menjalankan kegiatan yang telah direncanakan dalam program kerja PASI Kota Malang tahun 2012.

Variabel process yang dimiliki PASI Kota Malang diperoleh persentase sebesar 71,7% dan dikategorikan baik. Hasil tersebut diperoleh dari pelaksanaan atlet 71,3%, pelaksanaan pelatih 71,4%, pelaksanaan pengurus bidang kesekretariatan 75%, pelaksanaan pengurus bidang pembinaan prestasi 100%, dan bidang sarana dan prasarana 70%.

Variabel product, berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil 64% yang dikategorikan baik. Hasil tersebut diperoleh dari pelaksanaan program kerja yang dilakukan oleh atlet, pelatih dan pengurus PASI Kota Malang selama tahun 2012. Berdasarkan hasil dari context, input, process, produk di atas diperoleh kesimpulan persentase hasil yaitu 75% yang termasuk dalam kategori baik.

Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah melanjutkan program kerja pada tahun 2012 dengan pembenahan menurut variable masing-masing yaitu: Context a) Perlu diadakannya sosialisasi mengenai pembuatan program kerja bagi seluruh pengurus PASI Kota Malang agar semua pengurus mengetahui pasti rencana kegiatan yang akan dijalankan untuk tahun berikutnya. b) Dalam pembuatan program kerja hendaknya lebih diperinci mengenai waktu dan kegiatan apa saja yang direncanakan selama satu tahun. Terutama jadwal kejuaraan lebih diperjelas lagi kejuaraan apa yang harus diikuti selama satu tahun oleh atlet. Untuk variabel Input a) Perlu adanya kriteria-kriteria khusus dalam perekrutan atlet sehingga untuk pembinaan jangka panjang bisa berjalan lebih baik dan hasil yang dicapai bisa  lebih maksimal dari yang sebelum-sebelumnya. b) Dalam perkrutan pengurus hendaknya benar-benar yang bersedia dengan loyal untuk mengembangkan PASI Kota Malang agar dalam pelaksanaan setiap kegiatan bisa lebih baik dalam pembagian tugas. Untuk variable Process a) Pengurus yang sudah terdaftar dan ditunjuk pada tiap bidang yang ada di PASI Kota Malang hendaknya lebih bertanggung jawab pada tugasnya agar pembagian tugas bisa lebih merata dan tidak hanya didominasi oleh orang-orang tertentu yang benar-benar aktif saja. b) Pengurus juga harus lebih rajin dalam mendata prestasi atlet selama mengikuti kejuaraan agar data-data tersebut jika suatu saat diperlukan akan lebih mudah untuk mengetahui hasil kejuaraan tersebut. c) Hasil latihan atlet hendaknya dicatat dan dibuat daftar hasil latihan dengan baik agar lebih mudah memilih atlet yang akan mengikuti kejuaraan dan apabila suatu saat data itu dibutuhkan oleh atlet, pelatih ataupun pihak lain yang membutuhkan bisa lebih mudah dalam memperoleh hasil latihan tersebut. d) Pengurus PASI Kota Malang hendaknya mengevaluasi setiap program yang sudah dilaksanakan sehingga dapat diketahui program tersebut terlaksana dengan baik ataut idak. Untuk variable Product adalah Pembinaan pada atlet lebih ditingkatkanl agi agar perolehan prestasi untuk atlet PASI Kota Malang bisa lebih merata sehingga tidak didominasi oleh atlet tertentu yang sering menyumbangkan medali untuk PASI Kota Malang.