SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Malang

Damang Midiatama Kurnia Aji

Abstrak


ABSTRAK

 

Aji, Damang M K. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) dr. H. Moch. Yunus, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, budaya hidup sehat

Berdasarkan hasil observasi melalui pengamatan, wawancara dan pengisian angket pada pembelajaran budaya hidup sehat dengan materi identifikasi dan cara menghindari penyakit tidak menular bagi siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang dibutuhkan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif  yang mampu memberi gambaran yang nyata dan menyeluruh, sehingga diharapkan dapat membantu guru dalam penyampaian materi identifikasi dan cara menghindari penyakit tidak menular dalam budaya hidup sehat, agar dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu muatan materi pelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik dan mudah dipahami, materi yang sulit akan menjadi mudah dipahami, serta suasana belajar yang menegangkan menjadi menyenangkan.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran penerapan budaya hidup sehat melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Malang. Dengan adanya media pembelajaran budaya  hidup sehat berupa multimedia interaktif ini, diharapkan siswa dapat aktif dalam proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas, sehingga dapat menerapkan budaya hidup sehat dalam kesehariannya. Penelitian yang dilaksanakan SMP Negeri 21 Malang ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif berupa persentase.

Pada hasil evaluasi ahli media diperoleh total persentase 76,25% dan evaluasi ahli pembelajaran dan kesehatan diperoleh total persentase 74,25% sehingga produk masuk pada kategori menarik, sesuai dan mudah digunakan. Produk dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu ahli media, ahli pembelajaran dan kesehatan. Selanjutnya dilakukan uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar). Analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) dengan 15 orang subjek diperoleh total persentase  86,28% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian-bagian tertentu untuk semakin menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan (kelompok besar) dengan 35 orang subjek diperoleh total persentase  sebesar 87,33% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Produk akhir dalam Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Budaya Hidup Sehat Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Malang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMP Negeri 21 Malang.