SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Semester 2 Tahun Ajaran 2013-2014 Dalam Pembelajaran Bola Basket Materi Gerak Dasar Chest Pass melalui Pendekatan Bermain di SDN Mojolangu 4 Kota Malang

Joko Susilo

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilo, Joko. 2013. Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Semester 2 Tahun Ajaran 2013-2014 Dalam Pembelajaran Bola Basket Materi Gerak Dasar Chest Pass melalui Pendekatan Bermain di SDN Mojolangu 4 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini M.Pd. (II) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes.

 

Kata Kunci: meningkatkan proses dan hasil belajar siswa, bolabasket gerak dasar chest pass, pendekatan bermain

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN Mojolangu 4 Kota Malang khususnya materi bolabasket gerak dasar chest pass belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75, hal ini disebabkan karena guru pendidikan jasmani belum menerapkan metode yang bervariasi terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal pada tanggal 10 januari 2013 pada kelas V di SDN Mojolangu 4 Kota Malang, diperoleh hasil bahwa proses dan hasil belajar siswa, dalam pemahaman materi dan pengembangan sikap terhadap pembelajaran bolabasket materi gerak dasar chest pass ternyata belum optimal sehingga perlu di tingkatkan melalui penerapan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran bolabasket materi gerak dasar chest pass melalui pendekatan bermain.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, siklus 1 menggunakan 2 kali pertemuan dan siklus 2 menggunakan 1 kali pertemuan, dengan berpedoman pada silabus guru mata pelajaran untuk materi bolabasket gerak dasar chest pass sebanyak 3 kali pertemuan dalam penyampaian materi, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas V di SDN Mojolangu 4 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes.

Melalui penerapan metode pendekatan bermain diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran bolabasket materi gerak dasar chest pass dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan 25 siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bolabasket materi gerak dasar chest pass setelah diberikan tindakan dari siklus I dan siklus II hasil proses dan hasil belajar siswa dari (a) siklus I pertemuan 1 sebesar 34,6% dengan kategori kurang baik, dan pada (b) siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan dengan hasil proses dan hasil belajar siswa 66% yang tergolong dalam kategori cukup dan (c) siklus II pertemuan 1 sebesar 83% yang tergolong kategori baik.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pendekatan bermain, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V pada semester 2 tahun ajaran 2013-2014 dalam pembelajaran bolabasket materi gerak dasar chest pass di SDN Mojolangu 4 Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan  agar pada sekolah dasar (SD) yang lain dapat menerapkan metode pendekatan bermain yang sesuai dengan karakteristik anak pada pembelajarannya sehingga proses pembelajaranya dapat menjadi lebih optimal.