SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Teknik Dasar Sikap Pasang dan Jatuhan Pencak Silat untuk Ekstrakurikuler Perguruan Satria Tunggal di SMA Negeri 1 dan 2 Lamongan Melalui Buku Panduan Latihan

denox rochmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochmawati, Denox. 2013. Pengembangan Latihan Teknik Dasar Sikap Pasang dan Jatuhan Pencak Silat untuk Ekstrakurikuler Perguruan Satria Tunggal di SMA Negeri 1 dan 2 Lamongan Melalui Buku Panduan Latihan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Mu’Arifin, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, teknik dasar Sikap Pasang dan Jatuhan pencak silat, ekstra kurikuler Perguruan Satria Tunggal, Buku Panduan Latihan.

Pada latihan ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri 1 dan 2 Lamongan ini masih sangat kurang media pembelajarannya, bahkan belum pernah menggunakan media pembelajaran untuk latihan, dan dipilihnya Buku Panduan Latihan karena fasilitas dari sekolahan tidak menyediakan alat-alat elektronik misalnya: laptop, LCD, proyektor, dan lain sebagainya

Dengan adanya pengembangan Buku Panduan Latihan  ini bertujuan agar peserta ekstrakurikuler lebih tertarik dan bersemangat baik dari segi isi Buku Panduan Latihan ataupun cara berlatih karena pelatih lebih bisa bervariasi dalam dalam menyampaikan teori, sehingga mempermudah dan mempercepat peserta untuk memahami teknik dasar sikap pasang dan jatuhan pencak silat.

Metodelogi penelitian mengacu pada pengembangan research and development dari Borg dan Gall (1983:775), tetapi pada pengembangan ini peneliti hanya mengembangkan 8 langkah yaitu (1) observasi awal, (2) rancamgan produk, (3) evaluasi oleh ahli, (4) uji coba kelompok kecil 10 peserta, (5) revisi produk pertama, (6) uji coba kelompok besar 30 peserta, (7) revisi produk kedua, (8) hasil akhir produk.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa semua pelatih (3 orang) menyatakan bahwa yang penting dikembangkan adalah Sikap Pasang daripada teknik yang lain dan mereka memerlukan media pembelajaran dalam bentuk Buku Panduan Latihan. Sedangkan peserta ekstrakurikuler 37,5% memilih Jatuhan sebagai materi yang ingin dipelajari dan 40% peserta memilih Buku Panduan Latihan pada media pembelajarannya. Sehingga peneliti mengembangkan Teknik Dasar Sikap Pasang dan Jatuhan Pencak Silat dalam bentuk media pembelajaran Buku Panduan Latihan.

Poduk awal yang telah dijustifikasi oleh Dosen Pembimbing 1 dan 2, pada aspek Teknik Dasar Sikap Pasang diperoleh persentase 80,14% sedangkan dari ahli pencak silat diperoleh persentase 83,61% dan pada aspek Teknik Dasar Jatuhan diperoleh persentase 79,33% sedangkan dari ahli pencak silat diperoleh persentase 91,95% dengan hasil akhir menunjukkan bahwa pengembangan tersebut dapat diuji cobakan di ekstrakurikuler pencak silat Perguruan Satria Tunggal SMA Negeri 1 dan 2 Lamongan. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan jumlah 10 peserta diperoleh persentase 94,74%, dan pada uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 30 peserta diperoleh persentase 99,16, sehingga Buku Panduan Latihan Teknik Dasar Sikap Pasang dan Jatuhan ini digunakan di ekstrakurikuler pencak silat Perguruan Satria Tunggal SMA Negeri 1 dan 2 Lamongan.