SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL WASIT BOLAVOLI NASIONAL ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI MALANG DITINJAU DARI SIKAP KEPEMIMPINAN

Rangga Ardia Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Putra, Rangga Ardia. 2008. Profil Wasit Bolavoli Nasional Alumni Universitas Negeri Malang Ditinjau Dari Sikap Kepemimpinan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes, Pembimbing (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci : Wasit bolavoli Nasional, Alumni Universitas Negeri Malang, Sikap kepemimpinan

 

Permainan bolavoli saat ini sudah menjadi cabang olahraga rakyat, dari kota besar sampai ke pelosok desa, pria maupun wanita, tua-muda, setiap hari main bolavoli. Tetapi sekarang bolavoli tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas teknik permainan suatu tim bolavoli, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas wasit Penelitian ini mendiskripsikan profil Agus Setiyono dan sikap kepemimpinannya dalam memimpin pertandingan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek salah seorang wasit nasional yaitu Agus Setiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat angket dan melakukan wawancara dengan subyek. Untuk memperoleh keabsahan data peneliti juga mewawancarai orang terdekat subyek.

Setelah diperoleh hasil wawancara, peneliti melakukan analisa data dengan mengelompokkan data tentang Agus Setiyono dan melakukan wawancara dengan orang terdekat Agus Setiyono yang hasilnya bahwa semua keterangan yang disampaikan oleh Agus Setiyono benar sesuai dengan kenyataan.

Untuk menjadi seorang wasit diperlukan usaha dan kerja keras serta disiplin selain itu diperlukan pengetahuan tentang perwasitan. Agus Setiyono memiliki sikap kepemimpinan yang adil, tegas, dan kharismatik. Selain itu Agus Setiyono merupakan wasit bolavoli yang netral.

Disarankan kepada para wasit daerah kota Malang serta mahasiswa Universitas Negeri Malang agar mencontoh profil dan sikap kepemimpinan yang dimiliki oleh Agus Setiyono.


Teks Penuh: DOC - Rangga