SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Shadow Tenis Meja Menggunakan Bet Besi terhadap Ketepatan Pukulan Top Spin pada Atlet di Klub PTM Prima Siswa Di Kota Pasuruan

Rizky Rachmadani

Abstrak


ABSTRAK

Rachmadani, Rizky. 2013. Pengaruh Latihan Shadow Tenis Meja Menggunakan Bet Besi terhadap Ketepatan Pukulan Top Spin pada Atlet di Klub PTM Prima Siswa Di Kota Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: eksperimen, latihan shadow tenis meja, bet besi, ketepatan top spin

 

            Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh  latihan shadow tenis meja menggunakan bet besi terhadap ketepatan pukulan topspin pada atlet PTM Prima Siswa Kota Pasuruan.

            Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, karena terdapat kelompok pembanding, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, penelitian ini juga melalui beberapa tahap, antara lain: 1) tahap awal, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengolahan data. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan ketepatan pukulan top spin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet kelas junior PTM Prima Siswa Kota Pasuruan yang berjumlah 20 atlet.

            Setelah dilakukan analisis data, diperoleh data tes awal ketepatan pukulan top spin dengan skor tertinggi 8, skor terendah 3, rata-rata sebesar 5,60, simpangan baku 1,70. Data tes akhir ketepatan pukulan top spin setelah pemberian perlakuan selama kurang lebih 6 minggu sesuai kelompok yang telah dibagi, untuk kelompok eksperimen skor tertinggi 13, skor terendah 7, rata-rata 10,2, simpangan baku 1,8, sedangkan untuk kelompok kontrol skor tertinggi 10, skor terendah 5, rata-rata 7,4, simpangan baku 1,6.

            Untuk hasil uji normalitas (kolmogorov-smirnov) diperoleh Fstroke sebesar 0,364 lebih besar dari nilai signifikan α=0,05 maka dari itu data yang diperoleh mempunyai makna berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikan 0,083 lebih besar dari nilai signifikan α=0,05 sehingga data tidak berbeda (homogen).

            Dari hasil uji-t cuplikan kembar sebesar 5,0 > t tabel 5% =  2,101 dengan derajad kebebasan d.b = N1+N2-2 = 18. Sedangkan untuk nilai Sig(2-tailed) p=0,002 dengan taraf  < α=0,005 jadi hasil latihan shadow menggunakan bet besi dan bet biasa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketepatan pukulan top spin pada atlet PTM Prima Siswa Kota Pasuruan.

            Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa latihan shadow menggunakan bet besi dan latihan shadow menggunakan bet normal memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap ketepatan pukulan top spin tenis meja pada atlet PTM Prima Siswa Kota Pasuruan.