SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bolabasket Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas X-D4 Semester II SMA Negeri 2 Malang.

Hendra Syaiful Rezha

Abstrak


ABSTRAK

 

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang besar, terlebih lagi pada pembelajaran pendidikan jasmani yang memanfaatkan aktifitas jasmani. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang pada pembelajaran bolasbasket keaktifan siswa dalam pembelajaran masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor terutama metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket dengan menggunakan metode bermain pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang.

Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  adalah lembar observasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket dengan menggunakan metode bermain pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang dalam 2 siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I keaktifan siswa dalam merespon instruksi guru mencapai 37.91%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 78.75%.

Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran bolabasket pada kelas X-D4 SMA Negeri 2 Malang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil peneilitian ini adalah guru dapat menggunakan pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani, karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.