SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Kombinasi Teknik Dasar Dribble-Lay-up Kanan Bola Basket Melalui Metode Part and Whole dengan Variasi Permainan Kelas VIIIA Semester Genap di SMP Negeri 1 Kasembon Kabupaten Malang

MULA WIJI LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

Wiji Lestari, Mula. 2013. Peningkatan Keterampilan Kombinasi Teknik Dasar Dribble-Lay-up Kanan Bola Basket Melalui Metode Part and Whole dengan Variasi Permainan Kelas VIIIA Semester Genap di SMP Negeri 1 Kasembon Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H.W, M. Kes., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd, M. Pd.

 

Kata kunci: peningkatan, keterampilan, kombinasi teknik dasar, dribble-lay-up kanan bola basket, metode part and whole, variasi permainan.

                                                                                    

Kompetensi dasar kelas VIII semester 2 yaitu mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan. Pada observasi awal diperoleh temuan tentang kelemahan  proses belajar mengajar bolabasket yaitu guru menerapkan metode latihan pada siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam melakukan gerakan dan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil mengenai keterampilan kombinasi teknik dasar dribble-lay-up kanan bola basket pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Kasembon dengan persentase tingkat kegagalan 46.42% menggiring bola dengan keras, 10.71% menangkap bola menggunakan dua tangan, 39.28% melakukan 2 langkah terkhir, 57.14% langkah kaki kanan, 53.57% lutut diangkat (melompat dengan tinggi), dan 78.57% bola memantul ke papan. Oleh karena itu dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble-lay-up kanan bola basket perlu adanya pembaruan metode yaitu menggunakan metode part and whole dengan variasi permainan agar pembelajaran lebih bervariasi dan menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kombinasi teknik dasar dribble-lay-up kanan bolabasket pada kelas VIIIA semester genap di SMP Negeri 1 Kasembon melalui metode part and whole dengan variasi permainan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA pada semester genap di SMP Negeri 1 Kasembon.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada masing-masing pertemuan selama dua siklus, yaitu 46.13% pada koordinasi dribble meningkat menjadi 71.93%, pada koordinasi lay-up kanan 45.16% meningkat menjadi 75.81%, pada kombinasi dribble-lay-up kanan 57.74% meningkat menjadi 82.26%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui metode part and whole dengan variasi permainan terbukti dapat meningkatkan keterampilan kombinasi teknik dasar dribble-lay-up kanan bolabasket.