SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Passing One Touch Drillpada Ekstrakurikuler Futsal di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang.

ERWIN ALFINO IRAWANSYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawansyah, Erwin Alfino. 2013. Pengembangan Model Latihan Passing One Touch Drillpada Ekstrakurikuler Futsal di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Passing, Pengembangan, model latihan, One Touch Drill, futsal.

Passing dalam permainan futsal yaitu teknik dasar memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lainnya, yang memerlukan penguasaan gerakan sehingga tujuan yang di harapkan tercapai. Berdasarkan pengamatan, terdapat beberapa permasalahan antara lain peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang merasa bosan dengan model latihan yang monoton. Sedangkan dari hasil analisis kebutuhan peneliti mendapat hasil yaitu, pelatih dan peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang membutuhkan model latihan passing yang bervariatif. Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan model latihan passing One Touch Drill.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model latihan passing One Touch Drill futsal bagi peserta ekstrakurikuler di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang.

Tahap prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pembuatan rancangan produk, evaluasi ahli, pembuatan produk awal, uji kelompok kecil dan revisi produk, uji kelompok besar dan revisi produk, produk hasil akhir pengembangan.

Hasil evaluasi dan persentase dari 2 ahli permainan futsal menyatakan 87,5% produk pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji coba kelompok kecil terdapat persentase sebesar 85,6% sehingga produk dapat digunakan, sedangkan persentase dari uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 86,5% sehingga produk dinyatakan baik dan dapat digunakan.

Dari hasil evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar yang telah dijelaskan, maka model latihan passing One Touch Drill layak digunakan sebagai alternatif model latihan untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang.