SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS X-7 SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL

Muhammad Fuad Anata

Abstrak


ABSTRAK

 

Anata, M. F. 2013. Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Pada Siswa Kelas X-7 Semester 2 SMA Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan Menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M. S, (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: pembelajaran, senam lantai, senam guling depan, gaya mengajar resiprokal.

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas X-7 semester 2 SMA Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan menggunkan gaya mengajar drill (mengulang) terdapat beberapa masalah saat pembelajaran berlangsung, dimana siswa yang aktif dan mengikuti dalam pembelajaran senam lantai guling depan hanya 13 siswa (40,63%), dan 5 siswa (15,62%) mengobrol dengan temannya dan 6 siswa (18,63%) bermain lempar-lemparan, atau siswa yang tidak aktif mengikuti pembelajaran 19 siswa (59,37%). Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti bersama guru pendidikan jasmani sekolah tersebut melakukan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti dan guru menggunakan gaya mengajar resiprokal dalam pembelajarannya sebagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas X-7 semester 2 SMA Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X-7 semester 2 SMA Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas X-7 dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal di setiap siklus dari siklus I dan siklus II. Diketahui pada siklus I 25 siswa  (78.13%) aktif dalam pembelajaran dan 7 siswa (21.87%) tidak aktif dalam pembelajaran.

Sedangkan pada siklus II diketahui bahwa semua siswa atau 32 siswa yang terlibat dalam pembelajaran  (100%) aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas X-7 semester 2 SMA Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Bagi guru penjas untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran senam lantai guling depan sebaiknya guru penjas perlu memberikan variasi gaya mengajar agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Selanjutnya bagi peneliti hendaknya dapat dijadikan masukan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.