SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Kinerja Service Bawah Bolavoli dengan Media Bola Plastik pada Siswa Kelas V SDN 5 Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang

Mahendra Hayu Alfiyansah

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfiyansah, Mahendra Hayu. 2013. Upaya Peningkatkan Kinerja  Service Bawah Bolavoli dengan Media Bola Plastik Pada Siswa Kelas V SDN 5 Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: peningkatan kinerja service bawah (bola plastik), bolavoli.

Pendidikan jasmani merupakan salah satu pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal baik SD, SMP/MTs, SMA/MA. Bolavoli merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Oleh karena itu, bolavoli diberikan pada sekolah-sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 5 Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang pada pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok bolavoli kelas V, tampak bahwa siswa masih sulit  memperoleh nilai ketuntasan minimal yang diberikan oleh guru jasmani. Dalam pembelajaran bolavoli juga terdapat kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu saat melakukan service bawah bolavoli.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerakan service bawah bolavoli yang efektif dengan media bola plastik pada siswa kelas V SDN 5 Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui satu siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani dan peneliti sendiri. Jumlah siswa yang ada dikelas tersebut sebanyak 22 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada pertemuan 1, pada saat pemanasan masih ada 8 siswa yang bercanda, pada saat guru menjelaskan materi teknik service bawah bolavoli masih ada 4 siswa bercanda dan  7 siswa yang kesulitan. (2) Pada pertemuan 2, siswa pada saat pemanasan masih ada 4 siswa yang bercanda, pada saat guru menjelaskan materi teknik service bawah bolavoli masih ada 2 siswa bergurau. (3) Pada pertemuan 3, saat pemanasan sudah tidak ada siswa yang bercanda, pada saat guru menjelaskan materi teknik service bawah bolavoli sudah tidak ada siswa yang bercanda dan siswa yang mengalami kesulitan.

Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah media bola plastik dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar gerakan service bawah bolavoli pada siswa SDN 5 Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran pada siklus I. Selain itu, hal tersebut dapat dilihat dari persentase siswa yang tuntas belajar secara individu dan klasikal dari sebelum dan sudah dilaksanakan PTK juga menunjukkan adanya peningkatan.