SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Buku Saku tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli SMA N 3 Kota Malang

Aditya Sandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandi, Aditya. 2013. Pengembangan Media Buku Saku tentang Signal-Signal Wasit Bolavolipada Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli SMA N 3 Kota Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr. Saichudin, M.Kes.(2)Dr. H. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Saku, Signal Wasit Bolavoli.

Wasit adalah seseorang yang memimpin jalannya pertandingan mulai dari awal hingga berakhirnya suatu pertandingan. Syarat untuk menjadi seorang wasit bolavoli yang terampil dan professional seorang wasit harus memenuhi keriteria sebagai berikut: (1) sehat jasmani dan rohani, (2) memiliki sikap adil dan objektif dalam mengambil keputusan, (3) menguasai peraturan-peraturan perwasitan bolavoli, (4) menguasai isyarat-isyarat/signal-signal perwasitan bolavoli. Isyarat-isyarat/signal-signa lwasit bolavoli merupakan salah satu materi yang akan diterapkan untuk ekstrakurikuler di SMA N 3 Kota Malang guna memperkenalkan materi baru dengan sasaran anak siswa Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan data analisis kebutuhan diketahui bahwa, media yang dipiliholeh siswa-siswi ekstrakurikuler yaitu media pembelajaran tentang signal-signal wasit bolavoliyang dikemas dalam bentuk buku saku.

Tujuan dari media buku sakut entang signal-signal perwasitan bolavoli pada kegiatan ekstrakurikulerbolavoli di SMA N 3 Kota Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media buku saku signal wasit sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada26siswa-siswi ekstrakurikuler bolavoli SMA N 3 Kota Malang,(2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan rancangan produk, (4) persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap 26 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMA N 3 Kota Malang melalui pengisisan angket, ditemukan 76,92% menyatakan kadang mengerti dan kadang tidak mengerti terhadap signal-signal wasit, dan 92,30% ingin belajar menguasai signal-signal perwasitan bolavoli. 100% setuju jika materi signal-signal perwasitan bolavoli diajarkan pada kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan 69,23% menyatakan media cetak merupakan media yang sesuai untuk kegaiatan ekstrakurikuler, 65,38% menyatakan buku kecil atau buku saku penuh warna yang berisi gambar signal-signal perwasitan bolavoli merupakan media yang paling efektif untuk kegiatan ekstrakurikuler bolavoli.

Dari hasil analisis validasi wasit bolavoli diperoleh hasil 100%, ahli media 100% maka produk pengembangan media buku sakut tentang signal-signal wasit bolavoli layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kegiatan.

ektrakurikuler di SMA N 3 Kota Malang. Dari hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 83,4% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 88,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku saku tentang signal-signal wasit bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMA N 3 Kota Malang sangat jelas dan menarik untukdigunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Hasil pengembangan ini adalah pengembangan media buku saku tentang signal-signal wasit bolavoli pada kegiatan ektrakurikuler. Hasil pengembangannyayaitu: (1) buku sakuyang dikembangkan merupakan media pembelajaran yang dituangkan pada bahan ajar cetak berukuran 12 cm x 8 cm, yang dicetak pada kerta sart paper 210 dan 150 gram (berlaminasi), (2) buku saku berjumlah 24 lembar, (3) buku saku berisi istilah-istilah perwasitan bolavoli, penjelasan singkat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, disertai gambar pada setiap signal wasit sehingga diharapkan membantu siswa dalam pemahaman materi, (4) gambar pemodel dalam buku saku adalah gambar berwarna agar siswa tertarik untuk belajar, (5) buku saku yang dikembangkan dijilid menggunakan ring.