SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Pencak Silat Menggunakan Media Buku Saku di UKM Beladiri Universitas Negeri Malang

Sri Dewi Purboretno

Abstrak


ABSTRAK

 

Purboretno, Sri Dewi. 2013. Pengembangan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Pencak Silat Menggunakan Media Buku Saku di UKM Beladiri Universitas Negeri Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) dr. H. Moch. Yunus, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, pertolongan pertama, cedera olahraga, pencak silat, media, buku saku

Pencak silat merupakan olahraga yang penuh akan body contact, dan seringkali menimbulkan cedera. Cedera yang terjadi, perlu penanganan yang baik dan benar. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pelebaran pada cedera olahraga adalah dengan memberikan pertolongan pertama. Namun, pada kenyataannya pelaku olahraga pencak silat banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada cedera. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan membuat suatu produk yang berupa buku panduan cara memberikan pertolongan pertama pada cedera. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbentuk buku saku yang membahas tentang pertolongan pertama pada cedera olahraga pencak silat.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall dalam Winarno (2011:77) yang terdiri dari 10 langkah. Namun, dari 10 langkah dimodifikasi oleh peneliti menjadi 8 langkah. Penelitian ini diterapkan pada kelompok UKM beladiri pencak silat Universitas Negeri Malang.

Produk yang sudah dikembangkan dijustifikasi terlebih dahulu sebelum diujicobakan pada kelompok sasaran atau anggota UKM beladiri pencak silat. Hasil justifikasi yang diperoleh berupa saran dan masukan yang digunakan untuk memperbaiki produk. Setelah tahapan justifikasi kemudian melakukan uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dari hasil uji coba lapangan yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil presentase 84,5% (dengan klasifikasi baik sekali).

 Berdasarkan hasil justifikasi dan uji coba lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa buku saku yang membahas tentang pertolongan pertama pada cedera olahraga pencak silat dapat digunakan di UKM beladiri pencak silat Universitas Negeri Malang.