SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Dengan Media Electronic Book (E-Book) Untuk Siswa SMA Kelas X Di SMAN 02 Batu

Hario Kusuma Yunanto R

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunanto, Hario Kusuma. 2013. Pengembangan Pembelajaran Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Dengan Media Electronic Book (E-Book) Untuk Siswa SMA Kelas X Di SMAN 02 Batu. Skripsi. Jurusan Pendidkan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (2) dr. H. Moch. Yunus, M.Kes

 

Kata Kunci : pengembangan, bahaya penyalahgunaan narkoba, media, elektronik book

Pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  (penjasorkes) di Sekolah Menengah Atas telah diberikan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Dalam pembelajaran bahaya penggunaan narkoba ini sebenarnya para peserta didik memiliki buku panduan atau buku pegangan yang membahas tentang bahaya penggunaan narkoba, akan tetapi setiap kali guru menjelaskan dengan metode ceramah, peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Selain itu, bagi pendidik terdapat kesulitan untuk menyampaikan materi dikarenakan kekurangan sumber materi pengajaran dan kurang menguasi untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk dimengerti.

Penelitian ini bertujuan agar peserta didik dapat lebih memahami mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba melalui media pembelajaran electronic book dan pedidik memiliki sumber materi mengajar yang baik untuk menarik perhatian peserta didik melalui media pembelajaran electronic book pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Borg & gall dalam Winarno,(2011:77) yang sudah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Peneliti melakukan pengumpulan informasi dalam melakukan analisis kebutuhan dengan cara melakukan Observasi kelas, angket dan wawancara. (2) Pengembangan Produk (persiapan penyusunan kompetensi dasar instruksional pencegahan penyalahgunaan narkoba). (3) Revisi produk pertama berdasarkan hasil evaluasi dari para ahli . (4) Persiapan uji coba kelompok kecil. Revisi dilakukan pada kelompok kecil apabila data hasil tidak memenuhi kriteria nilai yang ditentukan,(5) Uji coba kelompok besar. (6) Revisi produk akhir berdasarkan uji hasil uji lapangan. Dan revisi dilakukan  apabila data hasil uji kelompok besar tidak memenuhi kriteria yang ditentukan. (7) Hasil akhir produk akhir dari hasil revisi akan dikemas dalam bentuk E-Book pengembangan pembelajaran pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk SMAN 02 Batu.

Hasil penelitian yang sudah dilakukan  pada uji kelompok kecil dan besar  menunjukan bahwa data hasil  pada uji kelompok kecil adalah 85,13% yang berarti bahwa produk yang sedah dikembangkan ini dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran dan dapat dilanjutkan ke penelitian uji kelompok besar, dan untuk data hasil pada uji kelompok besar adalah 85,40%.

Berdasarkan data hasil penelitian uji kelompok kecil dan uji kelompok besar maka produk pengembangan yang sudah dibuat oleh peneliti mengenai pencegahan  bahaya penyalahgunaan narkoba ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SMAN 02 Batu.