SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Ketangkasan Dalam Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Peluru Fun Pada Kelas XI SMAN 1 Dampit Kabupaten Malang

Imam Fahrudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahrudin, Imam. 2013. Pengembangan Model Permainan Ketangkasan Dalam Pembelajaran Tolak Peluru Menggunakan Peluru Fun Pada Kelas XI SMAN 1 Dampit Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi. M,Pd, (II) I Nengah Sudjana. S,Pd. M,Pd

 

Kata Kunci: Permainan, ketangkasan, pembelajaran dan tolak peluru.

Permainan ketangkasan merupakan kegiatan unsur gerakan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh kesenangan dengan tujuan yang jelas. Permainan ketangkasan menyajikan bentuk-bentuk permainan yang di perlombakan untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam kurun waktu terakhir ini para ahli belum menyentuh permainan ketangkasan dalam pembelajaran belum pernah diteliti. Berkaitan dengan itu, maka dibutuhkan suatu solusi berupa penelitian tentang permainan ketangkasan dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk materi tolak peluru.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup permainan ketangkasan dan pembelajaran tolak peluru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Data yang terkumpul berupa data kuantitatif yang diperoleh penyebaran angket dan data kualitatif diperoleh daran saran-saran. Pengumpulan data awal diperoleh dari data dokumentasi, wawancara, penyebaran angket. Instrument yang digunakan berupa angket dan untuk menjaga keabsahan diperkuat dengan data dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahap analisis kebutuhan sampai diperoleh analisis data. Dari data awal diperoleh masalah mengenai pembelajaran tolak peluru yang seringkali mengalami kebosanan dikarenakan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik.

 Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Permainan harus disesuaikan dengan konsep dasar menolak peluru sehingga tidak mengacu pada cabor atletik. (2) Pengembangan model permainan disesuaikan dengan karaketristik siswa. (3) Alat yang yang digunakan harus sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan karakteristik siswa termasuk aman untuk digunakan. (4) Penyajian model permainan haruslah dibuat dari tingkatan yang mudah menuju ketingkatan yang lebih sulit.

Dari data di atas, maka peneliti mengembangkan permainan ketangkasan dalam pembelajaran tolak peluru dengan tujuan siswa memperoleh lebih banyak pembendaharaan dalam menolak peluru serta siswa dapat memperoleh kesenangan dalam melakukan pembelajaran tolak peluru.