SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Instruksional Latihan Koordinasi Gerak Dasar Senam Aerobik Bagi Member Di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Elok Widya Puspita

Abstrak


ABSTRAK

 

Widya, Elok. 2013. Pengembangan Video Instruksional Latihan Koordinasi Gerak Dasar Senam Aerobik Bagi Member Di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, koordinasi gerak dasar senam aerobik, member Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Senam aerobik merupakan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak. Namun tidak mudah untuk berlatih senam aerobik karena variasi gerakannya yang banyak, cukup sulit dan harus seirama dengan musik. Oleh sebab itu, perlu pembelajaran tentang koordinasi gerak dasar senam aerobik yang dapat dijadikan panduan latihan dan memudahkan dalam latihan senam aerobik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video instruksional latihan koordinasi gerak dasar senam aerobik bagi member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (SKIK UM). Dengan adanya video instruksional ini, dapat mempermudah member untuk mengetahui macam gerak dasar senam aerobik sekaligus berlatih koordinasi gerak dasar dalam senam aerobik dengan baik dan benar.

Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada member dan instruktur di SKIK UM; (2) pembuatan rancangan produk awal video instruksional latihan koordinasi gerak dasar senam aerobik, (3) evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang ahli media, 1 orang ahli senam aerobik, (4) revisi produk pertama, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk kedua, (7) uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua; (8) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan); (9) hasil akhir produk pengembangan.

Berdasarkan hasil tinjauan para ahli, terdapat beberapa revisi terhadap rancangan produk yang telah dikembangkan, yaitu: (1) hasil evaluasi ahli media adalah durasi video terlalu lama, label CD dan cover perlu dibuat lebih menarik, (2) hasil evaluasi ahli senam aerobik adalah perlu penambahan instruksi saat latihan inti, pemilihan musik saat latihan inti lebih bervariasi.

Hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 89,68%  dan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 91,53%. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk member di SKIK UM. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.