SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan dalam Pembelajaran Lempar Cakram pada Kelas XI SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang

chintalia yusita

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusita, Chintalia. 2013. Pengembangan Model Permainan dalam Pembelajaran Lempar Cakram pada Kelas XI SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: model permainan pembelajaram, lempar cakram

Setiap siswa harus dapat mempraktikkan pembelajaran lempar cakram, karena materi tersebut masuk dalam kurikulum inti Penjasorkes. Hasil observasi awal yang dilakukan tanggal 18 Oktober 2012 bahwa 2 guru pengajar Penjasorkes menyatakan 75% siswa kurang menyukai lempar cakram, melainkan siswa banyak memilih permainan bola besar pada umumnya. Sementara itu 25 siswa merasa bahwa lempar cakram tidak menarik dengan alasan pembelajarannya monoton, bosan, dan kurangnya variasi dalam pembelajaran karena siswa hanya bisa menangkap materi dari demonstrasi guru tanpa mempunyai buku pegangan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya perlu adanya variasi model permainan pembelajaran lempar cakram, dan adanya pedoman pembelajaran yang bervariasi berbentuk buku ajar.

 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa buku ajar yang berisi model permainan pembelajaran lempar cakram, di antaranya permainan, mengganti alat peraga dan melatih lemparan yang mempermudah siswa belajar sebelum mencoba teknik dasar dengan menggunakan cakram yang sesungguhnya. Adanya variasi pembelajaran dengan model permainan diharapkan tujuan pembelajaran bisa tercapai sebagaimana sesuai dengan kurikulum yang ada.

Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Langkah-langkah yang dilakukan peneliti di antaranya melakukan analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi produk. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Spesifikasi buku ajar di antaranya bagian awal (cover yang berjudul permainan pembelajaran lempar cakram kelas XI, kata pengantar, daftar isi, tabel SK dan KD,  pendahuluan), ukuran huruf 12, spasi paragraf 1,5, dan ukuran kertas A5. Spesifikasi tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi awal.

Produk awal telah dijustifikasi oleh empat justifikator di antaranya ahli atletik, ahli permainan, ahli penjasorkes, dan ahli media. Hasil dari keempat justifikator dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan diperoleh hasil yang layak untuk diuji cobakan. Sedangkan, hasil dari uji kelompok dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil yang layak untuk digunakan  karena sudah sesuai dengan karakteristik dan minat siswa SMK negeri 2 Singosari Kabupaten Malang.

Saran yang dapat diberikan di antaranya bahwa produk buku ajar model permainan lempar cakram untuk siswa SMK negeri 2 Singosari Kabupaten Malang layak digunakan. Bagi peneliti lain sebaiknya dilanjutkan pada penelitian uji efektivitas untuk pembelajaran lempar cakram.