SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Menangkap Bola Untuk Penjaga Gawang Sepakbola Menggunakan Media

YUDHA FEBRIAN PRADANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Yudha, Febrian. 2013. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Menangkap Bola Untuk Penjaga Gawang Sepakbola Menggunakan Media. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: latihan, menangkap bola, penjaga gawang, media

 

Sepakbola salah satu cabang olahraga yang sangat dikenal dan digemari oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Sepakbola permainan tim, maka perlu adanya kerjasama yang baik dalam suatu tim itu. Dalam sepakbola ada satu pemain yang perannya sangat penting dalam pertandingan sepakbola adalah penjaga gawang. Kejanggalan dari penjaga gawang, yaitu mereka menggunakan tangannya sementara pemain lain menggunakan kakinya. Tugas mereka adalah menghentikan bola yang meluncur dengan kecepatan 60 mil perjam, sehingga tidak berhasil memasuki gawang yang berukuran 7,32 x 2,44 meter. Penjaga gawang harus mempunyai kemampuan dalam menangkap bola yang baik dan benar yang wajib dikuasai penjaga gawang sepakbola agar bola tidak masuk ke gawang.

Tujuan dari penelitian ini adalah, perlu pengembangan model latihan teknik dasar cara menangkap bola untuk penjaga gawang sepakbola menggunakan media, dikarenakan proses latihan masih kurang maksimal atau kurang efektif dan siswa mudah bosan. Juga untuk lebih mempermudah mempercepat siswa dalam pemahaman latihan teknik dasar kemampuan menangkap bola penjaga gawang.

Prosedur pengembangan latihan teknik dasar menangkap bola untuk penjaga gawang sepakbola menggunakan media ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) melakukan analisis kebutuhan dengan melakukan riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal. 2) Pembuatan rancangan produk. 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media dan 1 ahli kepelatihan sepakbola. 4) pembuatan produk awal. 5) Uji coba kelompok kecil (a) dan melakukan revisi produk pertama sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli. 6) Uji coba kelompok besar (b) dengan subjek yang lebih banyak dan melakukan revisi produk yang kedua sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli.  7) Produk hasil akhir pengembangan.

            Bentuk-bentuk latihan teknik dasar menangkap bola ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, secara keseluruhan para ahli memberikan masukan yang baik dan setelah merevisi produk awal maka para ahli setuju dan produk yang sudah jadi siap untuk diuji cobakan di 5 Sekolah Sepakbola di Kabupaten Lumajang. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil (a) adalah 82.84%, sedangkan uji coba kelompok besar (b) adalah 84.53%. Oleh karena itu, produk latihan teknik dasar menangkap bola untuk penjaga gawang menggunakan media berupa Vidio Compac Disc (VCD) telah memenuhi kriteria dan semua isi dapat digunakan dalam kegiatan latihan penjaga gawang sepakbola di Sekolah Sepakbola Turangga, Bintang Kesit, Rajawali, Kudamas, Persegen Kabupaten Lumajang.