SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SENAM AEROBIK MENGGUNAKAN TONGKAT MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ARI TUSTALIA

Abstrak


ABSTRAK

Tustalia, Ari. 2013. Pengembangan Senam Aerobik Menggunakan Tongkat Melalui Video Pembelajaran Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dra. Sulistyorini, M.Pd., Pembimbing (II): Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, senam eerobik menggunakan tongkat

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan dosen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahrgaan Universitas Negeri Malang pada tanggal 4 Januari 2013, Matakuliah kepelatihan kebugaran jasmani (KKJ), salah satu materi praktek yang diberikan adalah senam aerobik. Selama ini dalam pembelajaran senam aerobik yang diberikan kurang bervariasi dan monoton, sehingga perlu diberikan variasi latihan senam aerobik menggunakan tongkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan senam aerobik menggunakan tongkat untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Malang.

Spesifikasi produk pengembangan senam aerobik menggunakan tongkat merupakan senam aerobik yang dikombinasikan dengan menggunakan alat yaitu tongkat. Sebagai variasi latihan senam aerobik, dengan tongkat berukuran panjang 80 cm dan diameter 3 cm yang disusun menjadi satu rangkaian gerakan (koreografi) terdiri dari gerakan pendahuluan (pemanasan dan peregangan), latihan inti (5 koreografi dan setiap jeda gerakan ada gerakan interval) dan gerakan penutup (pendinginan) yang ditampilkan dalam bentuk media audio visual yaitu VCD.

Pengembangan senam aerobik menggunakan tongkat ini menggunakan model pengembangan Barg and Gall (1983:775) yang dimodifikasi dengan prosedur pengembangan oleh peneliti sebagai berikut: (1) analisis produk: observasi lapangan, wawancara, penyebaran angket, dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli senam aerobik, ahli media dan revisi produk, (4) uji coba tahap I (kelompok kecil), (5) revisi produk uji coba tahap I, (6) uji coba tahap II (kelompok besar), (7) revisi produk uji coba tahap II.

Hasil pengembangan senam aerobik menggunakan tongkat melalui video pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang memenuhi kriteria baik untuk ahli senam aerobik memperoleh 80%, memenuhi kriteria baik sekali untuk ahli media memperoleh 85%, memenuhi kriteria baik sekali untuk uji coba tahap I memperoleh 83,70%, memenuhi kriteria baik sekali untuk uji coba tahap II memperoleh 86,72%. Sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah kepelatihan kebugaran jasmani (KKJ) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.