SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas VIII Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013 di SMP Negeri Kota Malang dengan Pendekatan Evaluasi Model CIPP

Setiya Yunus Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Setiya Y. 2013. Evaluasi Program PembelajaranPendidikanJasmaniKelas VIII Semester GasalTahunAjaran 2012/2013 di SMP Negeri Kota Malang denganPendekatanEvaluasi Model CIPP. Skripsi. JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Asim, M.Pd, (II) Dr. EkoHariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: evaluasi, pembelajaran, pendidikanjasmani, CIPP.

Berdasarkanhasilwawancara yang dilakukan di salahsatusekolahfavoritdanmenyandangsebagaisalahsatusekolahterbaikdanmantandarisekolahRintisanSekolahBerbasisInternasional (RSBI), bahwamatapelajaranpendidikanjasmaniseakanhanyapelengkapsehinggamatapelajaranpendidikanjasmaniseringdipandangsebelahmata, selainitusiswacenderungdituntutuntukmengejarnilaidalammatapelajaran yang menjadikeunggulan RSBIdisampingjugamatapelajaran lain.

Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengevaluasi program pembelajaranpendidikanjasmanimenggunakan model evaluasiContext, Input, Process, Product (CIPP)sertamenghasilkanrekomendasibagi para pengambilkeputusanuntukmenindaklanjuti program pembelajaranpendidikanjasmaniyang telahberjalan.

Penelitianevaluasiinimenggunakankombinasianalisis data kualitatifdankuantitatifteknikanalisisstatistikdeskriptifdenganpersentase. Teknikinidigunakanuntukmenganalisis data yang diperolehdarihasilpenyebaranangket, danmenggunakan model yang dikembangkanolehStufflebeam (1967), yakni (1) context, (2) input, (3) process, dan(4)productatau yang disebutdengan CIPP.

Hasilpenelitian yang dilakukanmenyatakanuntukvariabelcontext di  SMP Negeri 3, SMP Negeri 1, dan SMP Negeri 5 secaraberturut-turutdiperolehhasil78,5% yang berartibaik, 76% yang berartibaikdan 74,8% yang berartibaik. Padavariabelinput diperolehhasilsecaraberturut –turutuntuk SMP Negeri 3 memperoleh  92% yang berartibaiksekali, SMP Negeri 1 memperoleh 93% yang berartibaiksekali, dan SMP Negeri 5 memperoleh 92% berartibaiksekali.Untukvariabelprocessdiperolehhasilsecaraberturut-turut 90%, 88,7%, dan 90% ketigapersentassetersebuttermasukdalamkriteriabaiksekali. Kemudianpadavariabelproduct diperolehhasilsecaraberturut-turut 93,7%, 93,7% , dan 81,2% ketigahasiltersebutdalamkriteriabaiksekali. Hasilpersentasevariabelkeseluruhansecaraberturut-turut SMP Negeri 3 adalah 78,5%, SMP Negeri 1 mendapat 79,6% dan SMP Negeri 5 mendapat 77,2% yang kesemuanyaberpredikatbaik.

Berdasarkandata tersebut, makahasilevaluasisecarakeseluruhanvariabel CIPP program pembelajaranpendidikan di SMP Negeri 3beradapadakriteriabaik, SMP Negeri 1 beradapadakriteriabaikdan SMP Negeri 5 beradapadakriteriabaik.

Berdasarkanhasilpenelitianevaluasi program pembelajaranpendidikanjasmanikelas VII semester gasaltahunajaran 2012/2013 di SMP Negerimakapenelitimerekomendasikanuntukmelanjutkanprogram pembelajaranyang telahada. Karenadarikeseluruhan program pembelajaran yang telahadadapatberjalandenganbaikdandalamkategoribaik.