SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Gerak Dasar Kesimbangan dengan Metode Permainan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Siyotobagus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung

Rendy Taufan

Abstrak


ABSTRAK

 

Taufan,Rendy. 2013. Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Gerak Dasar Keseimbangan dengan Metode Permainan pada siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Siyotobagus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Mardianto, (II)Mu’arifin.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Pembelajaran, Gerak Dasar Keseimbangan, Metode  Permainan

Pada kompetensi dasar kelas III semester 1 dirumuskan setiap siswa dapat mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian.Pada observasi awal, 14 siswa kelas III SDN 2 Siyotobagus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung terdapat kesalahan saat melakukan  yaitu sikap berdiri tegak satu kaki tekuk sila sebanyak 5 siswa (38%), sikap berdiri tegak satu kaki lurus ke samping sebanyak 6 siswa (43%), sikap berdiri tegak satu kaki lurus ke depan sebanyak 7 siswa (50%), sikap kapal terbang sebanyak 6 siswa (43%), sikap berjalan dengan ujung jari kaki sebanyak 8 siswa (57%), sikap berjalan dengan tumit sebanyak 9 siswa (64%).

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar keseimbangan melalui metode permainan pada siswa kelas III SDN 2 Siyotobagus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.

Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 1 siklus, tiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Siyotobagus Kecamatan Besuki KabupatenTulungagung.

Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa, sikap siswa, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik dari setiap pertemuannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada sikap berdiri tegak satu kaki tekuk sila dari 85% menjadi 96%, sikap berdiri tegak satu kaki lurus ke samping dari 78% menjadi 92%, sikap berdiri tegak satu kaki lurus ke depan dari 50% menjadi 85%, sikap kapal terbang dari 67% menjadi 89%, sikap jalan dengan ujung jari kaki dari 67% menjadi 85%, sikap jalan dengan tumit dari 53% menjadi 85%. Selain aspek psikomotor didapat juga peningkatan mengenai aspek keberanian, disiplin, dan keselamatan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran gerak dasar keseimbangan melalui metode permainan kesimpulannya yaitu mengalami peningkatan yang maksimal. Saran yang diberikan yaitu apabila pembelajaran gerak dasar keseimbangan menggunakan metode permainan maka hasil belajar siswa, hasil kinerja guru dan suasana akademik dapat meningkat. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.