SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Batu

Dimas Agung Prasetyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyawan, Dimas Agung. 2013. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, teknik dasar dribbling sepakbola, multimedia interaktif, SMA Negeri 2 Batu

 

Dribbling (menggiring) adalah keterampilan dasar dalam sepakbola karena semua pemain harus mampu menguasai bola saat sedang bergerak, berdiri, atau bersiap ,melakukan operan atau tembakan. Siswa SMAN 2 Batu merupakan siswa yang sangat aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang lebih, sehingga sering kali guru harus mempunyai alat atau media pembelajaran yang lebih kreatif. Namun guru pendidikan jasmani di SMAN 2 Batu sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu dikembangkan Pembelajaran Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Kelas X di SMAN 2 Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Pembelajaran Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Multimedia Interaktif untuk siswa kelas X SMAN 2 Batu.

Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Borg & Gall.     Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, pada penelitian ini dilakukan modifikasi dengan hanya menggunakan 7 langkah pengembangan karena penelitian ini dilakukan pada satu sekolah. Oleh karena itu pengembangan produk hanya dilakukan sampai uji kelompok besar. Evaluasi ahli produk ini dilakukan oleh 1 ahli media, 1 ahli sepakbola dan 1 ahli pembelajaran; uji coba kelompok kecil oleh 16 siswa; dan uji coba kelompok besar oleh 40 siswa kelas X SMAN 2 Batu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran, masukan, dan evaluasi dari ahli sedangkan data kuantitatif berupa penilaian dari kuisioner. Kedua data tersebut digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis rata-rata.

Hasil pengembangan berupa pembelajaran teknik dasar dribbling sepakbola berbasis multimedia interaktif. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh nilai 87,5% dengan keterangan baik sekali; oleh ahli sepakbola diperoleh nilai 86,5% dengan keterangan baik sekali; oleh ahli pembelajaran diperoleh nilai 88,4% dengan keterangan baik sekali; dari uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 90% dengan keterangan baik sekali; dan dari uji coba kelompok besar diperoleh nilai 96% dengan keterangan baik sekali. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran teknik dasar dribbling sepakbola berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sudah layak disebarkan untuk penggunaan yang lebih luas.