SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

upaya peningkatan keterampilan tolak peluru gaya O'Brian dengan metode bermain menggunakan peluru modifikasi untuk kelas AK2 SMK Negeri 1 Malang

silsilah paprindei

Abstrak


ABSTRAK

Lesnusa, S.P.2013.UpayaPeningkatanKeterampilanTolakPeluru Gaya O’BrienDenganMetodeBermainMenggunakanPelurumodifikasiUntukSiswaKelas XI Ak2SMK Negeri 1MalangSkripsi,JurusanPendidikanJasmaniDan KesehatanFakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) Prof.Dr.M.E.Winarno,M.Pd. (II) Drs.Mu’Arifin,M.Pd,

 

Kata kunci:Peningkatan, Keterampilan, TolakPeluru Gaya O’Brien,

Media, PeluruKayu

 

Tolakpelurumerupakansalahsatucabangolahragaatletik.Tolakpelurumerupakansalahsatumateriatletik yang terdapatdalamstandarkompetensiSekolahMenengahAtaskelas XI.Salah satukompentensidasaryaitusiswamenguasaikererampilantolakpeluru.Berdasarkanhasilobservasiawal,diperolehhasilbahwapenguasanketerampilantolakpelurugayaO’Brien/membelakangipadasiswakelas XI Ak2 SMK Negeri 1Malang ternyatamasihbanyak yang melakukankesalahansaatmelakukannya. Hal initerlihatdarijumlahsiswa yang melakukankesalahanpadasaatmelakukangerakantolakpelurugayaO’Brien/membelakangi.Penilitipadaobservasiawalsebelumtindakanmenemukanbeberapatingkatkesalahan yang dilakukanolehsiswapadatolakpelurugayaO’Brienyaitu: (1) 47,5% atau 19 siswamelakukankesalahanpadateknikcaramemegangpeluru, (2) 42,5% atau 17 siswapadateknikawalan, (3) 57,5% atau 23 siswapadageraksebelummenolak,(4) 65% atau 26 siswapadageraktolak, (5) 72,5% atau 29 siswapadatekniksikapakhir.

TujuanpenilitianiniadalahmeningkatkanketerampilantolakpelurugayaO’Brienpadasiswakelas XI Ak2 SMK Negeri 1 malang. Dalampembelajarantolakpelurumasin-masin indicator harus di perhatikanuntukmemberikanpenilaianpadasiswa.Penilitianinimerupakanpenilitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukandengan 2 siklusdimanatiapsiklusterdirijadidari 4 tahapyaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjekdalampenilitianiniadalahsiswakelas XI Aka2 SMK Negeri 1 Malang.Teknikpengumpulan data dalampenilitianinimenggunakan.Observasi, Pengamatan, Dokumentasi,Tes, dan

HasilpenilitianinitelahmampumeningkatkanketerampilansiswadarisikluskesiklusPadasikluspertama 18 siswa yang belummemenuhistandarketuntasan minimal (75) padasikluskeduaberkurangmenjadi 11 siswapadasiklusketigaberkurangmenjadi 8 siswadanpadasikluskeempatberkurangmenjadi 1 siswa yang belummemenuhistandarketuntasan minimal (75).Selainhaltersebutdiperolehhasilpesentasekeberhasilansebagaiberikut: (a) caramemegangpelurusebanyak 100% (b) awalantolakpeluru 100% (c) geraksebelummenolakpeluru 82,5% atau 33 siswa (d) geraktolakpeluru 90% atau 36 siswadan (e) sikapakhirtolakpeluru 100% . SelainhasilpersentasetentangtekniktolakpelurugayaO’Brien, diperolehhasildaripengamatansikapsiswapadasaat proses pembelajaran, padasiklussatusiswaada yang terlambat, siswatidakberpakaianseragamolahragadenganlengkap, dansiswatidakmemperhatikanpenjelasan guru padasaat guru menjelaskanmateri. Padasikluskeduasudahterlihatpeningkatan yang cukupbaikdibandingkandengansiklussatu, padasiklusduainisudahtidakadasiswa yang terlambat,siswa yang menyimpangmenjadilebihdisiplin, siswamelakukan proses belajardenganbaik,dansiswasudahmenguasaiketerampilantolakpelurugayaO,Briendenganbaikdanbenar.Walaupunpada post-test siklus II masihterdapatsiswa yang belumtuntas,iniadalahwajarkarenacukupsulituntukmencapaitarafkeberhasilan 100% siswatuntassemua. KesimpulanPeneliti,bagi guru danpeneliti lain dapatmemperkayapengetahuandan model tolakpelurugayaO’Brien yang sudah di perbaiki,bagisiswadapat di jadikanpedomanbelajar,bagisekolahdapat di gunakantolakukuruntukkeberhasilanpembelajaranpendidikanjasmanidanbagipenelitidapat di jadikansumberreferensibagimahasiswa yang melakukanpenelitian yang berkaitandenganmateripadaskripsiini.