SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ALAT SCORING COUNTER UNTUK PERTANDINGAN PENCAK SILAT DALAM KATEGORI TANDING UNTUK WASIT/ JURI PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ARIF BUDI RAHARJO, ARIF BUDI RAHARJO

Abstrak


ABSTRAK

Aning Safitri, Enggar. 2012. Analisis Kesesuaian Buku Teks Biologi SMA/MA Kelas X di Kabupaten Blitar dengan Standar Isi Ditinjau dari Komponen Kesesuaian Isi, dan Komponen Penyajian. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M. Pd., (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo, M. Pd.

Kata Kunci : buku teks, standar isi, komponen kesesuaian isi, komponen, komponen penyajian

Pendidikan di Indonesia khususnya pengajaran di dalam kelas sangat tidak terpisahkan dari buku pelajaran. Buku teks pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinilai terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebelum digunakan oleh pendidik dan/atau peserta didik sebagai sumber belajar di satuan pendidikan. Seperti pada observasi buku teks pelajaran Biologi yang digunakan di SMAN/MAN Kabupaten Blitar, guru cenderung memilih buku teks pelajaran Biologi yang lebih ekonomis dari segi harga yang berkualitas rendah dibanding dengan buku teks yang memiliki harga lebih tinggi namun dengan kualitas yang baik. Banyak guru di Kabupaten Blitar memilih buku PR yang muatannya lebih mirip LKS dibanding dengan buku teks. Buku teks pelajaran Biologi yang lain, dipakai sebagai pelengkap pembelajaran dalam kelas yang kebanyakan terbatas hanya dimiliki oleh guru matapelajaran saja. Alasan mereka memilih buku tersebut adalah karena materi yang termuat dalam buku tersebut banyak keluar di soal ujian semester maupun ujian sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dan tingkat penyajian buku teks pelajaran Biologi SMAN/MAN kelas X dengan Standar Isi di wilayah Kabupaten Blitar. Berdasarkan instrumen yang dikembangkan dari standar isi yang sebelumnya sudah melalui tahap validasi.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan populasi buku teks pelajaran Biologi SMAN/MAN yang digunakan oleh semua SMAN/MAN (sejumlah 9 SMAN/MAN) di Kabupaten Blitar. Sampel penelitian ini adalah buku teks pelajaran Biologi yang dipakai oleh 5 SMAN/MAN di Kabupaten Blitar yang ditentukan secara acak, buku teks yang dijadikan sampel adalah buku teks yang menempati urutan atas dari sekolah sampel. Buku-buku teks tersebut adalah buku teks pelajaran Biologi untuk kelas SMA/MA kelas X yang diterbitkan oleh penerbit Y, E, B, dan IP. Instrumen dari BSNP terlebih dahulu dijabarkan kemudian divalidasi dengan bantuan validator. Instrumen yang telah valid digunakan untuk menganalisis kesesuaian buku, dengan cara menghitung tingkat kesesuaian dalam persen, dengan menghitung persentase bab yang sesuai dengan deskriptor dibanding jumlah bab yang diteliti. Kemudian menghitung skor kesesuaian buku teks pelajaran, diperoleh dengan mencocokkan persentase yang didapat dengan kriteria kesesuaian buku teks pelajaran Biologi SMA/MA.

Buku teks pelajaran Biologi SMA/MA oleh penerbit E memiliki rerata skor kesesuaian isi dan penyajian tertinggi yaitu sebesar 2,55 (cukup), kemudian buku teks pelajaran Biologi SMA/MA terbitan B menempati peringkat kedua, dengan rerata skor kesesuaian isi dan penyajian sebesar 2,5 (cukup). Diperingkat ketiga ada buku teks pelajaran Biologi SMA/MA oleh penerbit IP, dengan rerata

ii

skor 2,2 (cukup), yang terakhir adalah buku teks pelajaran Biologi SMA/MA oleh penerbit Y yang memiliki rerata skor kesesuaian isi dan penyajian sebesar 1,8 (rendah).

Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran Biologi SMA/MA oleh penerbit E memiliki skor kesesuaian isi dan penyajian yang paling tinggi diantara tiga buku yang lain, dengan urutan Buku teks pelajaran Biologi SMA/MA terbitan B, IP, dan yang terakhir buku teks pelajaran Biologi SMA/MA oleh penerbit Y.

iii