SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Keseimbangan Gerak melalui compact disk/CD pada kegiatan outbond siswa kelas III SDN Sladi kabupaten Pasuruan

Oni Sigit Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Permana, Oni Sigit. 2012. Pengembangan Pembelajaran Keseimbangan Gerak melalui compact disk/CD pada kegiatan outbond siswa kelas III SDN Sladi kabupaten Pasuruan. Skripsi, jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Saichudin, M.kes.

 

Kata kunci : pengembangan, pembelajaran, keseimbangan gerak, outbond

 

Pembelajarn keseimbangan gerak yang selama ini dilakukan oleh para siswa kurang mendapatkan antusias yang baik didalam melakukan pembelajaran tersebut. Untuk itulah perlu adanya sebuah inovasi baru di dalam melakukan pembelajaran keseimbangan gerak agar para siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran keseimbangan gerak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajran keseimbangan gerak yang ada di sekolah dasar (SD) tersebut.Serta diharapkan dengan adanya kegiatan pembelajaran keseimbangan gerak melalui outbond,bisa memberi inovasi dan alternative pembelajaran bagi pendidik.

Pengembangan pembelajaran “keseimbangan gerak melaui outbond” Ini mengacu pada model pengembangan Brog and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain; 1) penelitian awal (need assessment), 2) perencanaan berupa penyusunan rencana pengembangan permainan, 3) rancangan produk permainan dievaluasi oleh para ahli, 4) melakukan uji coba kelompok kecil, 5) merevisi hasil uji coba, 6) melakukan uji coba kelompok besar, dan 7) penyempurnaan hasil uji lapangan. Instrument yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi dan kuesioner untuk para ahli, subyek uji coba kelompok kecil dan uji lapangan (kelompok besar).Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil dari evaluasi para ahli, yaitu satu ahli pembelajaran, dan satu ahli senam, diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,6 yang artinya cukup baik dan bisa dilanjutkan ke uji coba kelompok kecil.Hasil dari uji coba kelompok kecil adalah baik sehingga dapat dilanjutkan untuk uji lapngan (kelompok besar).Pada uji lapangan (kelompok besar) secara keseluruhan mendapat hasil baik.

Setelah menyempurnakan produk maka pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran senam keseimbangan gerak untuk siswa kelas III SDN Sladi Kabupaten Pasuruan. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan perlu adanya kajian untuk mengetahui keefektifan pembelajaran keseimbangan gerak melalui outbond