SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas VIII A SMPN 3 Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2012-2013

brian abdi santoso

Abstrak


ABSTRAK

Santoso, Brian. 2012. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas VIII A SMPN 3 Ponggok Blitar Tahun Pelajaran 2012-2013 . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mu'arifin, M. Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: meningkatkan, efektivitas pembelajaran tolak peluru, metode bermain

Pembelajaran pendidikan jasmani (Dikjas) akan berjalan sebagaimana yang diharapkan bila didukung oleh guru dikjas yang kompeten, dalam artian guru tersebut memahami makna kurikulum pendidikan jasmani dan memahami konsep konsep Dikjas. Namun kenyataan pembelajaran yang berlangsung di sekolah belum sepenuhnya dijalankan sebagaimana mestinya, hal tersebut disebabkan banyak faktor antara lain: (1) guru belum memahami kurikulum. (2) guru belum memahami konsep pembelajaran Dikjas yang bermakna disamping kelemahan kelemahan yang lain. Kelemahan kelemahan guru dikjas yang lain yaitu belum diterapkannya metode pembelajaran yang bervariasi termasuk metode bermain, serta belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadahi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) efektivitas pembelajaran Dikjas melalui penggunaan metode bermain, (2) teknik dasar tolak peluru setelah menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  Adalah lembar observasi dan catatan lapangan.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan menggunakan metode bermain ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 4 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan teknik dasar tolak peluru siswa kelas VIII-A SMPN 3 Ponggok mengalami peningkatan. Hasil observasi awal dari teknik memegang dengan tingkat kesalahan 45.71%, teknik sikap awal dengan tingkat  kesalahan 31.25%, teknik menolak dengan tingkat kesalahan 77.14% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 60%. Hasil tindakan siklus 1 dari teknik memegang tingkat kesalahan 32% dari teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 32.58%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 71.43% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 57.72%, dari sikap kerja keras dalam beraktivitas 48.57%, dari sikap kerjasama dalam beraktifitas 53.71%, dari sikap percaya diri dalam beraktivitas 45.14%, Hasil tindakan siklus 2 dari teknik memegang tingkat kesalahannya 19.43%, teknik sikap awal tingkat kesalahanya 29.43%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 56.58% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 55.43%, dari sikap kerja keras dalam beraktivitas 69.71%, dari sikap kerjasama dalam beraktifitas 65.14%, dari sikap percaya diri dalam beraktivitas 70.85% Hasil tindakan siklus 3 dari teknik memegang dengan tingkat kesalahan 2.3%, teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 20.58%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 41.15% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 45.72%, dari sikap kerja keras dalam beraktivitas 79.42%, dari sikap kerjasama dalam beraktifitas 82.28%, dari sikap percaya diri dalam beraktivitas 81.14% Hasil tindakan siklus 4 dari teknik sikap awal tingkat kesalahanya 17.72%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 24% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 22.86%, dari sikap kerja keras dalam beraktivitas 78.85%, dari sikap kerjasama dalam beraktifitas 80%, dari sikap percaya diri dalam beraktivitas 79.42%

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas VIII A SMPN  3 Ponggok Blitar.