SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Dengan Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas V SDN Cowek II Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan

Denny Hendrawan

Abstrak


ABSTRAK

Al Muchlisun, Muhammad Iqbal. 2012. Pengaruh Kebijakan Investasi terhadap Nilai Perusahan yang Dimediasi oleh Kebijakan Pendanaan dan Kebijakan Di-viden. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M. dan (II) Yuli Soe-setio, S.E., M.M.

 

Kata kunci: nilai perusahaan, kebijakan pendanaan, kebijakan dividen, dan kebijakan investasi.

Maksimalisasi nilai perusahaan merupakan tujuan utama bagi perusahaan publik. Dalam memaksimalkan nilai perusahaan, pihak manajemen dihadapkan pada tiga kebijakan keuangan yang sangat penting, yaitu kebijakan pendanaan, kebijakan dividen, dan kebijakan investasi. Ketiga kebijakan tersebut saling berkaitan dan setiap kebijakan keuangan yang diambil akan mempengaruhi kebijakan keuangan lainnya, sehingga nantinya akan mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji (1) pengaruh langsung kebijakan investasi, kebijakan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan; (2)pengaruh kebijakan investasiterha-dap kebijakan pendanaan dan kebijakan dividen; serta (3) pengaruh tidak langsung kebijakan investasi terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh kebijakan penda-naan dan kebijakan dividen.

Populasi dalam penelitian ini sejumlah 402 perusahaan publik yang ter-daftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory 2010. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 41 perusahaan yang telah meme-nuhi kriteria penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Variabel endogen yang digunakan adalah nilai perusahaan, variabel peran-tara menggunakan kebijakan pendanaan dan kebijakan dividen, sedangkan variabel eksogen menggunakan kebijakan investasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara langsung kebijakan penda-naan dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebija-kan investasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; (2) kebijakan investasi ber-pengaruh terhadap kebijakan pendanaan dan kebijakan dividen; serta(3) secara tidak langsung kebijakan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan dimediasi oleh kebijakan pendanaan dan kebijakan dividen. Penulis menyarankan kepada para investor di Bursa Efek Indonesia agar memberikan perhatian lebih terhadap informasi laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Bagiperusahaan sebaiknya harus memberi perhatian lebih terhadap kebijakan keuangannya, karena berkaitan de-ngan nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankanuntuk menambah jumlah sampel dengan waktu pengamatan yang lebih lama, menggunakan analisis SEM, sertamemperkaya indikator kebijakan keuangan perusahaan.