SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Dasar Drbbling Dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 12-14 Tahun Di SSB Diponegoro FC Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

Meynur Fatkur Rohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohman, Meynur Fatkur. 2012. Pengembangan Model Latihan Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Untuk Usia 12-14 Tahun Di SSB Diponegoro FC Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Eko Hariyanto, M.Pd,  (II) Drs. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, model, latihan, dribbling, permainan sepakbola

 

Berdasarkan penelitian awal yang sudah dilakukan peneliti  di SSB Diponegoro FC Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dengan pelatih dan para pemain diperoleh beberapa permasalaha bahwa: (1) Pelatih di SSB Diponegoro FC belum pernah menggunakan bnuku panduan model latihan dasar dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun. (2) Pelatih setuju apabila dikembangkan model latihan dasar dribbling menggunakan buku panduan untuk pemain di SSB Diponegoro FC untuk usia 12-14 tahun. sedangkan para pemain di SSB Diponegoro FC menyatakan: (1) Pemain belum pernah mendapatkan media latihan berupa buku panduan model latihan dasar dribbling, (2) pemain setuju apabila dikembangkan media latihan dasar  dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model latihan dasar dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

Peneliti menggunakan model Pengembangan Borg dan Gall dengan mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada, yaitu penelitian dan mengumpulkan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir dengan menghasilkan produk akhir yang berupa buku panduan model latihan dasar dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun.

Tempat penelitian dilakukan di SSB Diponegoro FC Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, subjek uji coba terdiri dari (1) Tinjauan ahli dengan dosen sepakbola, (2) ahli pelatih sepakbola, (3) ahli media.

Hasil evaluasi dan persentase dari ahli sepakbola menyatakan 88% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Dari ahli media menyatakan 83,33% produk buku panduan pengembangan model latihan dasar dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun valid sehingga produk dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji coba kelompok kecil terdapat presentase sebesar 87,02 sehingga produk dapat digunakan, sedangkan presentase dari uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 85,37% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan.

Kesimpulan produk model latihan dasar dribbling dalam permainan sepakbola untuk usia 12-14 tahun di SSB Diponegoro FC Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang adalah valid dan produk tersebut dapat digunakan untuk menunjang keterampilan bermain sepakbola.