SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 02 SUKODONO LUMAJANG

Andi Eko Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Andi Eko. 2012. Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. , (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Bermain.

 

Pada kompetensi dasar kelas VII semester 1 yaitu mempraktikan keterampilan salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri. Pada observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang, dari keempat teknik dasar yang diamati tingkat kegagalan pada tekink awalan dengan jumlah persentase 41,67%, tumpuan 42,22%, melayang 69,44%, mendarat 50%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan menggunakan permainan untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang dengan menggunakan metode bermain.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang.

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa, sikap siswa, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada teknik awalan dari 63,88% menjadi 83,33%, tumpuan 61,11% menjadi 77,78%, melayang 36,11% menjadi 55,56%, mendarat 61,11% menjadi 80,56%. Siklus 2 pada teknik awalan dari 88,89% menjadi 100%, tumpuan 83,33% menjadi 97,22%, melayang 64,44% menjadi 91,67%, mendarat 86,11% menjadi 97,22%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Selain itu dapat juga meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa.

Saran bagi guru Pendidikan Jasmani dapat menggunakan permainan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.