SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-model Latihan Gerak Dasar Lokomotor Jalan dan Lari Melalui Permainan untuk Anak Tunagrahita Kelas I, II dan III SDLB Sumber Dharma Kota Malang

Wayan Nana Anggarkasiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggarkasiana, Wayan Nana. 2012. Pengembangan Model-model Latihan Gerak Dasar Lokomotor Jalan dan Lari Melalui Permainan untuk Anak Tunagrahita Kelas I, II dan III SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, model latihan, gerak dasar lokomotor, jalan dan lari.

 

Berdasarkan penelitian awal berupa wawancara informal kepada guru SDLB Sumber Dharma Kota Malang diketahui bahwa di sana tidak terdapat guru yang berkompeten di bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Selanjutnya penelitian awal berupa analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti terhadap tiga guru, diperoleh informasi bahwa: (1) selama proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan selama ini hanya bersifat bermain bebas dan belum ada model permainan yang kreatif dan inovatif, (2) Guru SDLB Sumber Dharma Kota Malang setuju jika dilakukan pengembangan model-model latihan gerak dasar lokomotor jalan dan lari melalui permainan untuk siswa tunagrahita. Spesifikasi produk model latihan gerak dasar lokomotor jalan dan lari yang dikembangkan yaitu: (1) menggunakan bola tenis, (2) menggunakan dadu kayu berangka, (4) menggunakan papan kayu, (5) menggunakan kapur tulis untuk membuat garis lapangan, (5) menggunakan kardus bekas, (6) jarak yang bervariasi sesuai dengan model latihan.

Dalam penelitian dan pengembangan ini, digunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi produk awal oleh ahli permainan dan ahli pengembangan media pembelajaran, (4) uji coba kelompok kecil kemudian dilakukan revisi, (5) uji coba kelompok besar kemudian dilakukan revisi, (6) revisi produk akhir berdasrkan saran dan masukan dari para ahli dan para observer, (7) hasil akhir produk beupa model-model latihan gerak dasar lokomotor jalan dan lari. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari analisis kebutuhan, evaluasi para ahli dan uji kelompok.

Produk awal telah dievaluasi oleh ahli permainan dan ahli pengembangan media pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa model-model latihan ini dapat diujicobakan setelah direvisi berdasarkan saran dan masukan. Uji coba kelompok kecil menggunakan 6 subyek dan 3 observer. Diperoleh hasil bahwa model-model latihan ini dapat dilanjutkan pada uji coba kelompok besar setelah dilakukan revisi. Uji coba kelompok besar menggunakan 11 subyek dan 3 observer. Diperoleh hasil bahwa model-model latihan ini dapat digunakan di SDLB Sumber Dharma Kota Malang.