SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Outdoor Education pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V Semester II SDN Duren 01 Klakah, Kabupaten Lumajang

mokhammad rofiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Rofiq, Mokhammad. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Outdoor Education pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V Semester II SDN Duren 01 Klakah Kabupaten Lumajang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: modul, penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah

cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.

Penjelajahan merupakan isi materi dari pendidikan luar kelas yang ada pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penjelajahan adalah salah satu kegiatan di alam terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi ketegangan dan bahkan melupakan sejenak kejenuhan belajar, sehingga tenaga dan pikiran menjadi pulih kembali.

Penelitian awal dilakukan pada 1 guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 22 siswa kelas V SDN Duren 01 Klakah Kabupaten Lumajang. Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa (1) Guru sudah pernah memberikan materi mengenai penjelajahan tetapi dalam aplikasinya siswa belum pernah diberikan praktik penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah, (2) Guru belum mempunyai buku panduan tentang penjelajahan, (3) Guru membutuhkan buku panduan yang berupa modul tentang penjelajahan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan modul penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah. Diharapkan, hasil pengembangan ini dapat membantu guru maupun siswa untuk melaksanakan praktik penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan ahli penjelajahan yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa “Modul Pembelajaran Outdoor Education pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V Semester II SDN Duren 01 Klakah Kabupaten Lumajang” dapat diuji cobakan. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan subjek 12 siswa kelas V diperoleh persentase 85.56% dan dari hasil evaluasi uji coba kelompok besar dengan subjek 22 siswa kelas V diperoleh persentase 86.82% maka Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Outdoor Education pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas V Semester II SDN Duren 01 Klakah Kabupaten Lumajang layak digunakan di SDN Duren 01 Klakah Kabupaten Lumajang.