SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan.

havid luke kristianto

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Kristianto, Luke, Havid. 2012. Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd (II) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd.

 

Kata Kunci:   Pengembangan, buku ajar, pembelajaran, pendidikan jasmani, Kelas 3, SD Negeri, lingkungan daerah pegunungan.

 

Pendidikan di Indonsia merupakan suatu kewajiban yang harus di jalankan bagi warga negaranya. Pendidikan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dalam pembukaan yang diamalkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan berdasarkan pancasila. Selanjutnya dalam batang  tubuh Unang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 31 ayat 1 dikatakan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”. Sedangkan dalam  Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP, 2006:512) menyatakan bahwa:

Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian dari integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keteramilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasioanal.

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner kepada guru pendidikan jasmani di SD Negeri 2 Gamping diperoleh keterangan bahwa guru SD tersebut mengalami permasalahan dalam  proses pembelajaran yaitu terkait refrensi buku pembelajaran penjas anak Kelas 3 di daerah pegunungan yang selama ini belum ada dan sangat dibutuhkan sebagai panduan saat proses belajar di SD Negeri 2 Gamping. Mencermati kondisi tersebut maka diperlukan Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan yang dapat digunakan sebagai acuan dan refrensi guru SD Negeri 2 Gamping pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengembangkan Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan untuk siswa Kelas 3 sekolah dasar yang dapat digunakan sebagai acuan dan refrensi guru SD Negeri 2 Gamping saat proses pembelajaran berlangsung.

Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Gamping Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Subyek uji coba terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) tinjauan ahli, terdiri dari 2 orang ahli yaitu 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, (3) uji coba kelompok kecil menggunakana 1 guru dan 6 siswa (perwakilan dari kelas 3), (4) uji coba kelompok besar atau uji lapangan yang terdiri dari 1 guru dan 19 siswa SD Negeri 2 Gamping.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983:775. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Analisi kebutuhan, 2) pembuatan produk awal, 3) Revisi tahan I dari hasil tinjauan ahli-ahli, 4) Uji coba kelompok kecil (uji coba produk awal), 5) Revisi tahap II yaitu dari hasil uji coba kelompok kecil, 6) Uji coba lapangan (uji coba kelompok besar), 7) Revisi produk akhir yaitu berdasarkan hasil uji coba lapangan, hingga diperoleh produk akhir berupa Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan.

Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas 3 di SD Negeri Gamping 2 Berbasis Lingkungan Daerah Pegunungan dan buku ini dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru SD/MI yang mengajar di sekolah daerah pegunungan khususnya di SD Negeri 2 Gamping, agar dapat sebagai tambahan pengetahuan tentang pembelajaran anak Kelas 3 di lingkungan sekolah daerah pegunungan.