SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparatif Minat Siswa SMKN RSBI dan SMAN RSBI di Kabupaten Pamekasan terhadap Pembelajaran Dikjasorkes

nofa risman hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Nofa Risman. 2012. Studi Komparatif Minat Siswa SMKN RSBI dan SMAN RSBI di Kabupaten Pamekasan  terhadap Pembelajaran Dikjasorkes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci: minat siswa, dikjasorkes, SMKN, SMAN, RSBI.

 

Dikjasorkes merupakan bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruhan sehingga Dikjasorkes tidak dapat dipisahkan dari pendidikan umum lainnya. Dikjasorkes lebih mengutamakan aktifitas jasmani sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Kabupaten Pamekasan memiliki satu sekolah menengah kejuruan RSBI dan satu sekolah menengah atas RSBI. Masing-masing sekolah tersebut mempunyai keunggulan yang lebih seperti sarana dan prasarana pembelajaran dalam berbagai bidang khususnya Dikjasorkes serta guru yang berkompeten. Siswa SMK lebih banyak mendapatkan pelajaran bersifat praktik sehingga membiasakan siswa bergerak aktif, sedangkan siswa SMA lebih banyak belajar di kelas sehingga membatasi siswa untuk bergerak. Proses belajar siswa dipengaruhi oleh minat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa SMK Negeri RSBI, minat siswa SMA Negeri RSBI dan mengetahui apakah ada perbedaan antara minat siswa SMK Negeri RSBI dan SMA Negeri RSBI di Kabupaten Pamekasan terhadap pelajaran Dikjasorkes.

Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dengan rancangan survei, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 3 Pamekasan dan seluruh siswa SMA Negeri 1 Pamekasan. Sampel diambil 10% dari 902 menjadi 90 siswa dari SMK Negeri 3 Pamekasan, dan 10% dari 741 menjadi 74 siswa dari SMA Negeri 1 Pamekasan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata minat siswa di SMK Negeri RSBI Kabupaten Pamekasan terhadap pembelajaran Dikjasorkes adalah 114 berada pada rentang skor 93,6 – 115,1 yang menyatakan minat siswa terhadap pembelajaran Dikjasorkes di SMK Negeri RSBI Kabupaten Pamekasan termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata minat siswa di SMA Negeri RSBI Kabupaten Pamekasan terhadap pembelajaran Dikjasorkes adalah 108,6 berada pada rentang skor 93,6 – 115,1 yang menyatakan minat siswa terhadap pembelajaran Dikjasorkes di SMK Negeri RSBI Kabupaten Pamekasan termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. (0,009) < 0,05, dengan demikian H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan minat siswa terhadap pelajaran Dikjasorkes antara siswa SMK Negeri RSBI dan SMA Negeri RSBI di Kabupaten Pamekasan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat siswa SMK Negeri RSBI lebih tinggi dari pada siswa SMA Negeri RSBI terhadap pelajaran Dikjasorkes. Diharapkan kepada guru Dikjasorkes diharapkan berusaha untuk menumbuhkan minat dalam diri siswa, dengan cara merubah gaya mengajar agar tidak menoton, membuat variasi pembelajaran yang menarik dan memodifikasi media pembelajaran yang digunakan sehingga dapat meningkatkan  minat siswa terhadap pembelajaran Dikjasorkes.