SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang

Harvian Ade Putra Priatama

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Priyatama, Harvian Ade Putra. 2012. Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli dengan Metode Bermain Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd          

(II) Drs. Agus Tomi, M.Pd. 

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Passing Bawah Bolavoli, Metode Bermain

 

Passing bawah merupakan teknik dasar dalam permainan bolavoli yang harus dikuasai benar-benar dengan baik, tanpa menguasai teknik passing bawah dengan benar, permainan bolavoli tidak akan berjalan dengan lancar, teknik-teknik lainnya tidak akan dapat digunakan dengan sempurna sehingga permainan menjadi kurang menarik. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman yang diperoleh peneliti ketika melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2011/2012 dari permainan bolavoli, siswa sering melakukan kesalahan dalam melakukan teknik dasar passing bawah bolavoli yang meliputi posisi kaki, posisi tangan, posisi badan, impact bola, dan arah bola hasil ayunan tangan. Tingkat kegagalan yang memiliki persentase paling tinggi pada aspek impact atau perkenaan bola dengan

persentase 65%.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan tentang  teknik dasar passing bawah bolavoli dengan metode bermain. Permainan ini menggunakan 10 model permainan yang secara umum bertujuan untuk memperbaiki impact passing bawah bolavoli yang menjadi tingkat kegagalan tertinggi dalam penelitian ini. Penggunaan metode bermain bertujuan agar siswa lebih tertarik dan lebih aktif, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi passing bawah bolavoli. Peneliti dan guru pendidikan jasmani berkolaborasi dalam menyusun RPP pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen lembar observasi yang berupa

kolom untuk memberikan penilaian dengan memberikan angka 1 untuk gerakan yang benar dan 0 untuk gerakan yang salah dan tidak dilakukan, catatan lapangan, dan hasil

dokumentasi sehingga mempermudah dalam proses pengambilan data. 

 

Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian ini adalah terjadi perbaikan dan peningkatan pada aspek impact atau perkenaan bola setelah pemberian metode bermain pada proses pembelajaran. Hasil siklus 1 menunjukkan tingkat keberhasilan pada aspek impact atau perkenaan bola sampai pada pertemuan ke-3 mencapai 71,25% dan hasil siklus 2 sampai pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan sebesar 20% yaitu mencapai 91,25%. 

 

Disarankan penguasaan dari beberapa indikator keterampilan gerakan passing bawah bolavoli diantaranya posisi kaki, posisi tangan, posisi badan, impact bola, dan arah bola dapat dilatih  menggunakan berbagai macam pola latihan yang bervariasi dalamkegiatan pembelajaran sehingga keterampilan gerakan passing bawah bolavoli dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. Model permainan yang digunakan oleh peneliti

mampu memperbaiki dan meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli, sehingga permainan tersebut dapat dijadikan acuan atau referensi bagi guru pendidikan jasmani

pada siswa yang kesulitan dalam melakukan passing bawah bolavoli, khususnya pada impact atau perkenaan bola. Pembelajaran pendidikan jasmani disarankan dilakukan

secara bervariasi dan menarik, sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bersemangat dan antusias untuk mendapatkan  hasil pembelajaran yang maksimal

serta sesuai dengan apa yang diharapkan.