SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Part-Whole Methods Dalam Bentuk Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang

Eko Mukti Prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Mukti Prabowo, Eko. 2012. Penerapan Part-Whole Methods Dalam Bentuk Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes. , (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata kunci: Penerapan Part-Whole Methods, Bentuk Bermain, Meningkatkan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Jongkok.

 

 

Pada kompetensi dasar kelas IV semester 2 yaitu mempraktikan gerak dasar atletik yang dimodifikasi: lompat, loncat, dan lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran. Pada observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang, dari keempat teknik dasar yang diamati tingkat kegagalan pada tekink awalan dengan jumlah persentase 55%, tumpuan 53%, melayang 65%, mendarat 71%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan menggunakan penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang semangat.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang dengan menggunakan penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang.

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa, sikap siswa, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada teknik awalan dari 42,4% menjadi 80,4%, tumpuan 37% menjadi 69,4%, melayang di udara 36,4% menjadi 65,7%, mendarat 33% menjadi 58,4%. Siklus 2 pada teknik awalan dari 90,7% menjadi 100%, tumpuan 90% menjadi 100%, melayang di udara 82,7% menjadi 100%, mendarat 65% menjadi 94,7%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SDN Blimbing Gudo Jombang. Selain itu dapat juga meningkatkan sikap siswa (afektif) dan pengetahuan siswa (kognitif).

Saran bagi guru Pendidikan Jasmani dapat menggunakan permainan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.