SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Melompat Jauh Berbasis Kecakapan Hidup (life skills) Kelas VII G Di SMP Negeri 9 Malang

Endie Nurwantono

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurwantono, Endie. 2012. Pengembangan Melompat Jauh Berbasis Kecakapan Hidup (life skills) Kelas VII G Di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Asim, M.Pd. , (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, melompat jauh, berbasis, kecakapan hidup (life skills).

 

Kecakapan hidup merupakan inti dari kompetensi dan hasil pendidikan adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema kehidupan secara proaktif dan kreatif. Setelah itu mencari solusi sehingga pada akhirnya mampu menyelesaikan problema kehidupannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang melalui bahan ajar yang sesuai dengan karakter anak kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang. Adapaun produk yang dikembangkan adalah model-model pembelajaran berupa permainan gerak dasar melompat bagi kelas VII G. Sehigga, dengan adanya bahan ajar ini, dapat membantu dan bisa memberikan peningkatan kemampuan gerak dasar lompat jauh yang dapat di refleksikan kekehidupan sehari-hari.

Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan lompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) ini adalah: 1) penelitian dan pengumpulan data dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assessment) dengan cara wawancara secara lisan kepada 40 siswa kelas VII G dan satu orang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, 2) menyusun rancangan produk model pembelajaran lompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills), 3) mengembangkan rancangan produk model pembelajaran kecakapan hidup (life skills), 4) uji coba lapangan awal, menggunakan 1 sekolah dengan 20 subyek dan 3 observer, 5) merevisi hasil uji coba (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapngan awal), 6) uji coba lapangan utama, dilakukan pada 1 sekolah dengan 40 subyek dan 3 observer, 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan utama (revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji lapangan utama).

Hasil pengembangan ini adalah permainan melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) yang terdiri dari 5 spesifikasi produk dan pada masing-masing spesifikasi produk terdiri dari 3 model permainan. Spesifikasi produk pengembangan lompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills), yaitu: 1) melompat melewati rintangan, dengan model: (a) lmr endie 1, (b) lmr endie 2, (c) lmr endie 3. 2) melompat dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi, dengan model: (a) loncak mejeh 1, (b) loncak mejeh 2, (c) loncak mejeh 3. 3) melompat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat rendah, dengan model: (a) loncak kabebe 1, (b) loncak kabebe 2, (c) loncak kabebe 3. 4) melompat rendah-tinggi-rendah, dengan model: (a) lrtr endie 1, (b) lrtr endie 2, (c) lrtr endie 3. 5) melompat tinggi ke tinggi, dengan model: (a) ltt endie 1, (b) ltt endie 2, (c) ltt endie 3. Permainan-permainan tersebut dikemas dalam bahan ajar yang berupa buku. Cara bermain permainan ini menggunakan peraturan yang dirancang sesederhana mungkin agar siswa mudah melakukannya.