SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi diri menggunakan Analisis SWOT di Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu

Pembayun Pandam Asmara

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Asmara. Pembayun Pandam.2012. Evaluasi diri menggunakan Analisis SWOT di Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd,                (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

Kata Kunci : Evaluasi Diri, Klub PERPANI, Analisis SWOT

Dalam membentuk suatu atlet yang berkompeten tinggi, sebuah klub tidak hanya harus memiliki tujuan dan program-program latihan yang sistematis untuk atletnya, namun juga harus diimbangi dengan sistem organisasai dan manajemen yang baik pula.

Untuk mewujudkan tujuan-tujuan dari pembinaan atlet yang berkualitas seperti yang terpapar di atas, dibutuhkan sebuah wadah atau suatu organisasi untuk melaksanakan program-program latihan yang sistematis dan efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu berdasarkan analisis SWOT (Kekuatan/Kelebihan, Kelemahan/Kekurangan, Ancaman dan Peluang).

Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan diskriprif kuantitatif dengan analisis data SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup, serta dokumentasi.

Faktor-faktor pendukung Strengths (Kekuatan) Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota adalah (a) visi, misi dan tujuan yang dimiliki klub memiliki kejelasan dan kerealistisan visi, misi, dan tujuan, (b) tersetrukturnya tata kelola, (c) tata kelola memenuhi tiga aspek dari lima aspek penting dari organisasi yaitu sistematis, tersetruktur, transparan, bertanggung jawab dan adil, (d) kepemimpinan yang dimiliki, berdasarkan responden seluruh anggota klub tergolong demokratis dan transparan, (e) pelatih yang berkompeten dan berkualitas dalam bidangnnya khususnya dalam cabang olahraga panahan, (f) cukup menghasilkan atlet yang berprestasi, (g) program-program latihan yang bervariatif, (h) kesesuaian strategi latihan yang dipimpin oleh pelatih, i) kemampuan atlet memahami materi yang diberikan oleh pelatih tergolong mampu memahami dan menjalankan materi, dan j) kerjasama yang terjadi diantara seluruh anggota klub.

Kemudian faktor-faktor penyebab Weaknesses (Kelemahan),  Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota adalah (a) kurangnya terealisasinya visi, misi dan tujuan klub, (b) kefektifan proses pencapaian visi, misi dan tujuan awal klub klub perpani “hardha dhedhali” pengcab kota batu ini, (c) terdapat peran ganda dalam susunan tugas kerja tata kelola, (d) gaya kepemimpinan yang demokratis memiliki kelemahan yaitu dalam mencapaian mufakat dalam setiap musyawarah, pengambilan keputusan tidak dapat diambil secara cepat, (e) masih tergong cukupnya bakat atlet yang dimiliki, (f) pemenuhan target perekrutan atlet yang tergolong cukup memenuhi, (g) tidak adanya kurikulum yang secara langsung menjadi landasan proses latihan klub berdampak kurang terarahnya tujuan latihan, (h) kurang memadainya sarana dan prasarana latihan. hal ini dikarenakan sarana dan prasarana untuk cabang olahraga panahan membutuhkan pendanaan yang besar, dan (i) kurang baiknya kerjasama yang terjadi antara klub dengan pihak luar yang bersangkutan.

Selanjutnya dalah faktor-faktor pendukung adanya Opportunities (Peluang) bagi Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu adalah (a) dengan adanya kejelasan visi, misi maupun tujuan klub, memberikan pemahaman terhadap seluruh anggota klub dan memberikan peluang pencapaian oleh setiap anggota klub dikarenakan visi, misi dan tujuan klub realistis, (b) dukungan yang diberikan oleh tata kelola klub akan mempermudah klub dalam pencapaian visi, misi dan tujuan klub, (c) meskipun belum terlaksana, regenerasi kepengurusan yang akan diadakan setiap masa jabatan, akan menjadi peluang munculnya ide-ide atau kebijakan-kebijakan baru, (d) kepemimpinan demokratis dan transparan akan menghasilkan kesepakaran dan keputusan yang tepat karena dilakukan secara musyawarah antar seluruh anggota klub, (e) latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh pelatih hanya tergolong cukup mendukung, (f) program-program latihan yang bervariatif dapat sedikit menghindari permasalahan sarana dan prasarana, (g) cukup efektifnya pelaksanaan program-program latihan, (h) kesesuaian program-program latihan dengan minimnya sarana dan prasarana panahan yang dimiliki menimbulkan peluang bagi atlet untuk mengembangkan bakatnya,( i) kerjasama yang terjadi diantara seluruh anggota klub, dan (j) kerjasama dengan masyarakat sekitar akan membantu klub dalam mengembangkan klub dalam hal jumlah atlet dan lebih tersetruktrurnya kepengurusan.

Dan yang terakhir adalah faktor-faktor penyebab Threats (Ancaman) Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu adalah (a) kurangnya memadainya sarana dan prasarana klub, (b) proses kerjasama dengan pihak luar kurang baik dalam segi pendanaan, mengancam kurang efektifnya pencapaian visi, misi dan tujuan klub, (c) adanya beberapa tugas ganda yang dikerjakan oleh satu orang akan menghambat kinerjanya, (d) ancaman yang akan dihadapi oleh klub perpani “hardha dhedhali” pengcab kota batu yang memiliki sistem kepemimpinan demokratis adalah jika terjadi suatu keadaan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, (e) kurang ketatnya proses perekrutan atlet, (f) dengan tidak adanya kurikulum tertulis dan secara langsung mengatur jalannya pelaksanaan latihan, akan mempersulit pelatih untuk menyampaikan setiap materi latihan, (g) kurang memadainya sarana dan prasarana latihan akan menjadi ancaman bagi atlet dan klub dalam menghasilkan atlet yang berkualitas dan berkompeten dan pencapaian visi, misi dan tujuan bagi klub, dan (h) kurang baiknya kerjasama yang terjadi antara klub dengan pihak luar yang bersangkutan akan berakibat kurang maksimalnya pemenuhan kebutuhan klub dalam hal pendanaan klub dan pemenuhan sarana dan prasarana klub yang masih tergolong kurang menunjang.

Dari hasil persentase perhitungan frekuensi jawaban seluruh responden terbanyak di setiap butir pertanyaan yang diberikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Klub PERPANI “Hardha Dhedhali” Pengcab Kota Batu memiliki organisasi yang Cukup Baik dengan persentase perhitungan 60,99%.