SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI KEGIATAN LATIHAN SEPAKBOLA DI KLUB SEPAKBOLA GAJAYANA KOTA MALANG

ARI DARMA AMIRULLOH, ARI DARMA AMIRULLOH

Abstrak


ABSTRAK

 

Darma Amirulloh, Ari. 2012. Survei Kegiatan Latihan Sepakbola di Klub Sepakbola Gajayana Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Saichudin, M.Kes

 

Kata Kunci: Bentuk latihan sepakbola

 

            Menjadi pemain yang profesional tentunya tidak mudah, harus memiliki kemauan dan tekat yang kuat, tidak mudah menyerah dan tentunya menguasai teknik dasar sepakbola. Peran pelatih juga sangat mendukung dalam tercapainya suatu prestasi dengan program-program latihan yang dibuatnya. Seperti halnya di klub sepakbola Gajayana Kota Malang, dimana pelatih mempunyai program latihan seperti latihan fisik, teknik dan taktik.

            Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk latihan fisik dalam permainan sepakbola di klub Gajayana Kota malang. (2) Untuk mengetahui bentuk latihan teknik dalam permainan sepakbola di klub Gajayana Kota malang. (3) Untuk mengetahui bentuk latihan taktik dalam permainan sepakbola di klub Gajayana Kota malang.

            Dalam penelitian ini peneliti hanya menggambarkan  tentang bentuk-bentuk kegiatan latihan yang ada di klub sepakbola Gajayana Kota Malang.  Subyek dari penelitian ini terdiri dari: 1 (satu) orang ketua klub, 2 (dua) orang pelatih, dan 25 atlet.  teknik analisis datanya menggunakan instrumen non tes yaitu wawancara dan dokumentasi.

            Hasil dari bentuk latihan sepakbola di klub sepakbola Gajayan Kota malang adalah: (1) latihan fisik yang dilakukan dengan tujuan melatih daya tahan, kecepatan, kekuatan, kelentukan, keseimbangan, dan kelincahan, seperti: croos country ±8 kilo, latihan sprint, joging memutari lapangan sepakbola selama 15 Menit, sit up dan push up. (2) latihan teknik yang diberikan dikombinasikan sehingga membentuk variasi latihan yang bermacam-macam, sperti: latihan passing berpasangan, latihan passing berkelompok, latihan passing dikombinasikan dengan dribel, latihan dribel dikombinasikan dengan shooting, dan latihan passing dikombinasikan dengan shooting. (3) latihan taktik dilakukan dengan tujuan untuk menyusun strategi yang digunakan pada saat menyerang maupun bertahan. Latihan tersebut seperti: latihan penyerangan dari tengah, latihan penyerangan dari samping kanan dan kiri, latihan memotong pergerakan lawan, latihan melakukan pressing lawan, latihan koordinasi pemain belakang dan latihan membuang bola kedepan.

            Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan yang dilakukan di klub Gajayana Kota Malang secara garis besar sama dengan latihan di klub-klub lain yang membedakan adalah variasi latihan, kombinasi dari beberapa bentuk latihan agar pemain tidak merasa jenuh. Latihan tersebut secara tidak langsung melatih fisik, teknik, dan juga taktik. Dengan rutinitas latihan yang dilakukan diharapkan tercapailah suatu prestasi yang maksimal.