SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD latihan teknik minangkabau tingkat calon keluarga perguruan silat perisai diri cabang malang

fitri nuril laili

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Laili, Fitri Nuril. 2012. Pengembangan VCD Latihan Teknik Minangkabau Tingkat Calon Keluarga Perguruan Silat Perisai Diri Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd (2) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes

 

 

 

Kata kunci: latihan, teknik minangkabau, vcd, siswa tingkat calon keluarga

 

 

 

Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 10 siswa tingkat calon keluarga yang menyatakan 70% materi minangkabau yang diberikan oleh pelatih kurang mudah dan sulit dilakukan. Sementara itu 80% siswa menyatakan membutuhkan panduan untuk materi minangkabau dalam bentuk yang menarik, mudah dipelajari dan mudah dipahami. Dan 100% siswa menginginkan VCD materi sebagai media dalam materi minangkabau. Hal ini mendapat dukungan dari pelatih Perisai Diri yang menyatakan sangat perlu pengembangan panduan materi minangkabau.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada, yaitu dengan mengembangkan latihan teknik minangkabau yang menarik, mudah dipelajari dan mudah dipahami untuk proses latihan pada tingkat calon keluarga perguruan silat Perisai Diri. Diharapkan, pengembangan ini dapat membantu pelatih dalam proses latihan dengan cara yang mudah dan menarik.             Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) mengumpulkan informasi: (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (2) mendesain produk; (3) validasi desain; (4) revisi I; (5) uji coba tahap I (8 siswa) ; (6) revisi II; (7) uji coba tahap II (30 siswa); (8) produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

 

Dari hasil evaluasi ahli pencak silat diperoleh presentase 83,3% ahli pencak silat, ahli latihan 87,5%, ahli media 75% dan uji tahap I (8 siswa) diperoleh persentase 88,5% , dan pada uji tahap II (30 siswa) diperoleh persentase 90,4% sehingga pengembangan latihan teknik minangkabau menggunakan VCD tingkat calon keluarga perguruan silat Perisai Diri cabang Malang dapat digunakan.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan diantaranya: Bagi cabang Malang:  Sebaiknya VCD latihan teknik minangkabau ini digunakan untuk menambah sumber belajar siswa, khususnya pada siswa  tingkat calon keluarga, sehingga dapat membantu proses latihan. Bagi pelatih Perisai Diri: dalam menggunakan produk ini sebaiknya dilaksanakan seperti apa yang ada dalam isi, kemudian dilakukan evaluasi terhadap kegiatan latihan yang dilakukan.Bagi siswa tingkat calon keluarga: sebaiknya siswa mempelajari dan mempraktikkan isi dalam VCD ini, sehingga keterampilan siswa dalam teknik minangkabau meningkat.. Selain itu, untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di cabang Malang, tapi juga di cabang-cabang yang lain. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan.