SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Latihan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Menggantung Di SMA Negeri 6 Malang Kelas XI IPA2

mukhlis .

Abstrak


ABSTRAK

Mukhlis, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Latihan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Menggantung Di SMA Negeri 6 Malang Kelas XI IPA2. Skripsi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Audio Visual, Keterampilan Menggantung.

Pada kompetensi dasar kelas XI semester 1 yaitu mempraktikan gerakan atletik: lompat, loncat dan lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai sportifitas, percaya diri, kejujuran dan pantang menyerah. Pada pengambilan data awal di SMA Negeri 6 Malang kelas XI IPA2 dari 30 subjek, diperoleh hasil. 1) siswa tidak menyukai atletik sebanyak 23 siswa (7,9%) dan 7 siswa menyukai (2,1%), 2) siswa kurang antusias sebanyak 23 siswa (7,9%) dan 7 siswa yang antusias (2,1%), 3) siswa merasa kesulitan melakukan gerakan menggantung sebanyak 24 siswa (8,2%) dan yang merasa tidak kesulitan 6  siswa (1,8%) , 4) siswa memerlukan media pembelajaran berupa video pembelajaran lompat jauh gaya menggantung sebanyak 29 siswa (9,7%) dan 1 siswa tidak memerlukan video (0,3%). Oleh karena itu perlu adanya cara penyampaian materi yaitu dengan menggunakan audio visual untuk menghindari siswa kurang antusias dan kurang semangat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan latihan keterampilan lompat jauh gaya menggantung di SMA Negeri 6 Malang kelas XI IPA2 dengan menggunakan media pembelajaran audio visual.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun langkah-langkahnya yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) melakukan perencanaan penelitian, 3)menyususn prodak awal yang sudah di evaluasi oleh ahli, 4) melakukan uji coba kelompok kecil, 5) revisi hasil uji coba kelompok kecil, 6) melakukan uji coba kelompok besar, 7) menyempurnakan dan revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian menunjukan, bahwa uji coba kelompok kecil diperoleh 91.94 % menyatakan produk pengembangan media pembelajaran audio visual dikategorikan baik, pada hasil uji coba kelompok besar diperoleh 88.38 menyatakan produk ini dikatagorikan baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengambangan media pembelajaran audio visual dapat membantu belajar siswa di SMA Negeri 6 Malang kelas XI IPA2.

Saran bagi guru Pendidikan Jasmani dapat menggunakan audio visual untuk proses belajar mengajar lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangakan lagi keterampilan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani.