SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penngaruh latihan circuit training yang dimodifikasi dengan 7 pos terhadap peningkatan volume oksigen maksimal melalui test multi tahap pada anak usia 13-14 tahun di club bola basket Pradyana Dinamika Malang

Reza Azmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Azmi, Reza. 2012. Pengaruh Latihan Circuit Training yang Dimodifikasi Dengan 7 Pos Terhadap Peningkatan Volume Oksigen Maksimal Melalui Test Multi Tahap Pada Anak Usia 13-14 Tahun di Club Bola Basket Pradyana Dinamika Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

Kata kunci: Latihan Circuit Training, Volume Oksigen Maksimal, Club.

Melihat dari ketatnya kompetisi yang diikuti oleh club bola basket Pradyana Dinamika Malang. Khususnya anak usia 13-14 tahun di club bola basket Pradyana Dinamika Malang, perlu adanya latihan fisik untuk menjaga Volume Oksigen Maksimal tetap bekerja dengan baik, Volume Oksigen Maksimal yang baik akan berpengaruh pada hasil kerja yang baik dengan latihan yang mempunyai banyak jenis latihan didalamnya, hemat waktu, dan meningkatkan Volume Oksigen Maksimal. Disini peneliti menawarkan suatu latihan yang cukup untuk mempersiapkan diri menjelang kompetisi dengan waktu 2-21/2 bulan yaitu:  latihan circuit training yang dimodifikasi dengan 7 pos.

Berangkat dari latar belakang masalah  seperti yang telah diuraikan, maka peneliti akan mengkaji tentang peningkatan Volume Oksigen Maksimal anak usia 13-14 tahun di club bola basket Pradyana Dinamika Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Volume Oksigen Maksimal melalui latihan circuit training yang dimodifikasi dengan 7 pos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan catatan dilapangan dan tes. Tes yang digunakan adalah tes multitahap. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra- eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 anak usia 13-14 tahun di club bola basket Pradyana Dinamika Malang.

Data dari hasil tes lari multitahap (Multistage Fitness Test ) pada hari selasa tanggal 6 November 2012 di Gor Ken Arok yaitu terdapat 1 anak menempuh level (9), 2 anak menempuh level (8), 15 anak menempuh level (6) dan 2 anak menempuh level (5).

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dianalisis menggunakan tabel prediksi nilai ambilan oksigen maksimum tes multitahap dilanjutkan pada norma kategori konsumsi oksigen kemudian diolah dengan menggunakan persentase dan diperoleh data penelitian tes lari multitahap terdapat 3 orang (15%) dengan kategori Baik,  15 orang (75%) kategori Sedang, 2 orang (10%) kategori kurang dan dan tidak terdapat anak usia 13-14 tahun di club  bola basket Pradyana Dinamika Malang atau (0%) yang berkategori kurang sekali. Berdasarkan tes multitahap yang dilakukan oleh peneliti ada pada kategori Sedang, dengan rata-rata Volume Oksigen Maksimal sebesar 35,29 ml/kg/mnt.