SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbaikan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara Dengan Metode Bermain Bagi Siswa Kelas V C SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Kabupaten Malang

Rendra Isnawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnawati, Rendra. 2012. Perbaikan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara Dengan Metode Bermain Bagi Siswa Kelas V C SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M. Pd (II) Dra. Sri Purnami, M. Pd

 

Kata kunci: Pembelajaran, Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara, Metode Bermain.

Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Permainan dan olahraga merupakan salah satu ruang lingkup dari mata pelajaran pendidikan, olahraga dan kesehatan untuk sekolah Dasar kelas V semester Gasal. Salah satu materi pokok dari permainan dan olahraga yaitu atletik, dan kegiatan pembelajaran yang diberikan adalah lompat jauh.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melalui dua siklus. Dalam Penelitian Tindakan Kelas setiap satu siklus terdapat beberapa tahap pelaksanaan diantaranya yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerakan lompat jauh gaya berjalan di udara dengan metode Bermain pada siswa kelas V C SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang. Subyek penelitian adalah guru pendidikan jasmani dan peneliti sendiri. Jumlah siswa yang ada dikelas tersebut sebanyak 23 siswa, dengan rincian 12 siswa putra dan 11 siswa putri.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam siklus I masih ada siswa yang melakukan kesalahan mendasar seperti gerakan kaki lompat jauh gaya berjalan di udara sebanyak 18 siswa, (2) dalam siklus II menunjukkan siswa yang melakukan kesalahan mendasar gerakan kaki lompat jauh gaya berjalan di udara menjadi sebanyak 3 siswa. Pada siklus II sudah banyak yang memperbaiki kesalahan yang di awal tidak ada gerakan kaki menjadi ada gerakan kaki saat berjalan di udara. Kesimpulan yang didapat pada penelitian perbaikan lompat jauh gaya berjalan di udara dengan metode bermain bagi siswa kelas V C SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang ini dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara. Bisa dilihat dari aktifitas siswa dan guru selama pembelajaran dari siklus I hingga siklus II. Selain itu bisa dilihat dari prosentase siswa yang tuntas belajar secara individu sebelum dan sesudah dilaksanakan PTK juga menunjukkan adanya peningkatan.