SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

Minarni .

Abstrak


ABSTRAK


Minarni. 2012. Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru dengan Metode Bermain pada Siswa Kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mua’rifin, M.Pd, (II) Dra.Sulistyorini, M.Pd


Kata Kunci: Keaktifan, Teknik Dasar Tolak Peluru, bermain.


Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Lempar/tolak merupakan salah satu nomer dari cabang atletik. Melalui pembelajaran teknik dasar tolak peluru diharapkan siswa lebih senang, aktif, paham terhadap materi dan terampil dalam penguasaan. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar lompat SD Negeri Lumbangrejo I Kec. Prigen Kab. Pasuruan masih kurang optimal. Siswa masih banyak yang tidak aktif, tidak semangat, tidak senang dan tidak tekun di dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam pembelajaran gerak dasar lompat setelah menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan pendekatan bermain. Siswa melakukan gerakan tolak sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga atletik, khususnya pembelajaran teknik dasar tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran sebanyak 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 69,56%, 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 73,91%, 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 69,56%, 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 78,26%, sehingga rata-rata skor keaktifan dalam pembelajaran sebesar 72,82% dalam kategori cukup baik. Hasil tindakan siklus 2 dari sub-indikator aktif dalam pembelajaran sebesar 91,30%, 2) sub-indikator semangat dalam pembelajaran sebesar 95,65%, 3) sub-indikator senang/enjoy dalam pembelajaran sebesar 95,65%, 4) sub-indikator tekun dalam pembelajaran sebesar 86,96%, sehingga skor rata-rata sebesar 92,39% dalam kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar tolak peluru dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran teknik dasar tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.